Sukses

Din: Saat Bangsa Apatis, Taufiq Kiemas Gigih Bangkitkan 4 Pilar

Din Syamsuddin menilai Taufiq Kiemas sangat gigih memperjuangkan tegaknya 4 pilar berbangsa.

Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin mengaku turut kehilangan Taufiq Kiemas. Dia menilai Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) ini sangat gigih memperjuangkan tegaknya 4 pilar berbangsa yang sudah mulai ditinggalkan oleh sebagian besar rakyat Indonesia.

"Beliau tokoh yang sangat berjasa dalam membengkitkan 4 pilar. Banyak bangsa yang memandang apatis, tapi Beliau memiliki prakarsa membangkitkannya, karena 4 pilar amat penting," ujar Din Syamsuddin di Jakarta, Minggu (9/6/2013).

Kiemas, tambah Din, berupaya mengembalikan tegaknya Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). "Meski sedang sakit beliau tetap selalu bersikap positif," lanjut Din sambil tertunduk.

Din mengaku memiliki hubungan personal yang sangat baik dengan Taufiq Kiemas. Dia bahkan pernah meminta almarhum Taufiq Kiemas untuk mengisi pengajian di PP Muhammadyah.

"Saya sering mampir. Terakhir bulan lalu saat saya minta mengisi pengajian dan berbicara mengenai 4 pilar," ujar Din.

Taufiq Kiemas meningal pada Sabtu 8 Juni setelah dirawat di Singapore General Hospital. Kesehatan suami mantan Presiden Megawati Soekarnoputri ini menurun setelah melakukan kunjungan kerja bersama Wakil Presiden Boediono ke Ende, Nusa Tengara Timur dalam rangka peringatan Hari Pancasila. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.