Sukses

Pesan Terakhir Taufiq Kiemas ke Alwi Shihab: Sebarkan Toleransi

Taufiq minta Alwi sering-sering berikan ceramah tentang Islam. Yang mengedepankan toleransi dan pluralisme.

Sejumlah kolega, sahabat, dan pelayat telah memenuhi Taman Makam Pahlawan Kalibata, di sekitar liang lahat yang telah disiapkan, untuk memberikan penghormatan terakhir pada Ketua MPR RI Taufiq Kiemas.

Para pelayat tak beranjak, meski panas terik menyengat. Salah satu yang ada di sana adalah mantan Menteri Luar Negeri, Alwi Shihab.

Alwi mengaku kenal cukup lama dengan Taufiq Kiemas. "Terakhir ketemu 2 minggu lalu. Dia pesan kepada saya, Pak Alwi, sering-sering berikan ceramah tentang Islam kepada masyarakat," kata dia, Minggu (9/6/2013). Terutama yang bersifat plural dan mengedepankan toleransi, untuk mengatasi maraknya aksi radikalisme.

Ian mengaku dekat dengan almarhum. "Saya merasa benar dekat dengan Pak Taufiq, pernah haji sama-sama," kata dia.

Sementara Menteri Keuangan, Agus Martowardojo mengatakan, Taufiq Kiemas adalah Bapak Bangsa. "Beliau nasionalis sejati. Kita semua melihat, beliau sebagai panutan," kata dia. "Beliau mengajarkan cinta kepada negara, menghargai kebhinnekatunggalikaan."

Agus mengaku sering bertemu Taufiq Kiemas. "Kami terkesan dengan beliau dan sifat keayahannya untuk melakukan yang terbaik kepada negara."

Taufiq Kiemas meninggal dunia di Singapura pada pukul 19.05 waktu setempat atau 18.05 WIB. Taufiq dirawat di salah satu rumah sakit di Negeri Singa itu akibat kelelahan setelah menjalankan tugas Negara pada 1 Juni 2013 di Ende, Nusa Tenggara Timur, dalam rangka memperingati kelahiran Pancasila. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini