Sukses

Pesan Terakhir Taufiq Kiemas untuk Bangsa Indonesia

Dari atas tempat tidur perawatan, Taufiq Kiemas meninggalkan pesan untuk segenap Bangsa Indonesia.

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Taufiq Kiemas meninggal dunia dan dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. Sebelum wafat, suami mantan Presiden Megawati Soekarnoputri ini meninggalkan pesan untuk Bangsa Indonesia.

"Pesan terakhir yang Beliau sampaikan yaitu pada hari Kamis lalu. Beliau berpesan agar keberagaman dan kebhinekatunggalikaan harus dijaga terus," kata politisi PDIP Pramono Anung di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Minggu (9/6/2013).

Menurut Pramono, kondisi Kiemas menurun drastis setelah melakukan kunjungan kerja ke Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam rangka peringatan Hari Pancasila pada 1 Juni. Karena kondisinya menurun, Kiemas dirawat di rumah sakit dan dirujuk ke Singapura.

"Sebenarnya pada Kamis sudah keluar dari ICU, kemudian Jumat malam masuk kembali ke ICU. Sabtu pagi dia kritis sejak pukul 07.00 WIB," tutur mantan Sekretaris Jenderal PDIP ini.

Di Singapore General Hospital itu, kondisi Kiemas terus menurun. Hingga akhirnya meninggal pada pukul 19.05 waktu Singapura atau sekitar pukul 18.05 WIB. Beliau terkena ginjalnya, itulah yang jadi penyebab wafatnya Beliau," ujar Pramono. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.