Sukses

Hatta Rajasa: Koalisi itu Ada Imamnya

Ketua Umum PAN, Hatta Rajasa, berharap PKS bisa sepakat dengan kenaikan harga BBM. Menurutnya, anggota koalisi harus ikut dengan keputusan b

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Hatta Rajasa, mengatakan sebagai `jemaah` koalisi pemerintah, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) seharusnya mengikuti `imam` kebijakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

"Menurut pandangan saya sebagai politisi memang itu yang namanya konsep koalisi. Ibarat orang berjamaah, ada pemimpinnya. Kalau dalam salat, imam rukuk, semua rukuk, kalau imamnya salah ada caranya menegur misalnya menyebutkan subhanallah atau yang lain," kata Hatta di Jakarta, Sabtu (8/6/2013).

Hatta menegaskan jika koalisi sudah sepakat terhadap sesuatu hal, seluruh anggota juga harus sepakat dan harus konsisten. "Saya mengharapkan ada kesamaan, di dalam kita menghadapi kesulitan harus bersatu. Ada pepatah yang mengatakan dalam kondisi penting mendesak kita harus menyatu," tambah dia.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Agung Laksono mengatakan Sekretariat Gabungan (Setgab) perlu menegakkan disiplin agar koalisi partai politik dalam pemerintah kompak dan sejalan.

Sementara, Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Jero Wacik optimistis PKS akan menyepakati kebijakan tersebut pada paripurna mendatang karena menyadari pentingnya hal itu bagi rakyat miskin.

PKS menolak kebijakan kenaikan harga BBM bersubsidi dan program Bantuan Langsung Sementara Masyarakat yang tengah diajukan ke DPR melalui RAPBN-P 2013. (Ant/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini