Perbedaan Monitor CRT, LCD, dan LED

  • Citizen6
  • 0
  • 08 Jun 2013 14:41

130608bkomputer.jpg
Citizen6: Sebelum membeli perangkat komputer ada baiknya kita meneliti terlebih dahulu perangkat yang akan dibeli. Salah satu contoh ketika ingin membeli monitor maka harus sesuai dengan kebutuhan dan budget kita. Saat ini di pasaran beredar tiga jenis monitor komputer yaitu monitor CRT (Cathode-Ray Tube), LCD (Liquid-Crystal Display), dan LED (Light-Emitting Diode).

CRT adalah teknologi yang dipakai dalam pesawat TV, dan juga paling banyak digunakan untuk monitor komputer. Sedangkan teknologi LCD dan LED yang disebut juga TFT atau Flat Panel Display, paling banyak ditemukan pada notebook, tetapi mulai populer dipakai sebagai monitor desktop. Teknologi LCD dan LED yang berkembang pesat akan menyebabkan monitor ini semakin mendekati sudut pandang, resolusi, dan murahnya teknologi monitor CRT.

Berikut ini adalah perbedaan dari teknologi monitor CRT, LCD, dan LED sehingga dapat menentukan mana yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Monitor CRT


Sinyal analog, harga lebih murah, sudut pandang lebar, serta memiliki kualitas warna bagus.

Monitor LCD dan LED


Sinyal digital, tipis, enteng, irit daya dibandingkan monitor CRT, image tidak berkedip (flicker), dan memiliki fokus serta kecerahan yang sangat baik.

Apabila sudah mengetahui tentang perangkat yang akan dibeli maka semakin mudah untuk menentukan apakah sesuai dengan yang dibutuhkan. (Joel/YSH)

Joel adalah pewarta berita warga

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com.

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler