Sukses

11 Kapolda Diganti, Irjen Suhardi Alius Pimpin Jabar

Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo merotasi 76 perwira tinggi dan menengah di lingkungan korps Bhayangkara. Salah satunya posisi Kadiv Humas Polri.

Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo merotasi 76 perwira tinggi dan menengah di lingkungan korps Bhayangkara. Berdasarkan surat Telegram Rahasia ST/1194/VI/2013, yang diterima wartawan, Sabtu (8/6/2013), setidaknya ada 76 perwira menengah dan perwira tinggi yang dimutasi dan dipromosikan.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol. Suhardi Alius akan dimutasikan sebagai Kapolda Jawa Barat mengantikan Irjen Tubagus Anis Angkawijaya yang selanjutnya menjabat sebagai Kadiv Teknologi Informasi Mabes Polri. Sedangkan penganti Suhardi adalah Brigjen Pol. Ronny Frengky Sompie yang sebelumnya Karowassidik Bareskrim Polri.

Demikian pula dengan Kepala Korps Brimob Irjen Pol Unggung Cahyono yangt dimutasi sebagai Kapolda Jawa Timur, menggantikan posisi Irjen Hadiatmoko yang dimutasi sebagai Perwira Tinggi Mabes Polri. Sementara pengganti Unggung di Korps Brimob akan diisi Irjen Pol Rum Murikal yang sebelumnya menjabat Widyaiswara Utama Sespim Polri Lemdikpol.

Dari 76 perwira menengah dan tinggi, ada 11 jabatan kapolda yang mengalami pergantian, yaitu:

01. Kapolda Jawa Barat Irjen Tubagus Anis Angkawijaya kini diberikan posisi sebagai Kadiv TI Polri. Dia digantikan Irjen Pol Suhardi Alius yang sebelumknya sebelumnya Kadiv Humas Polri).

02. Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Hadiatmoko (selanjutnya menjadi menjadi Pati Mabes Polri) digantikan oleh Irjen Pol Unggung Cahyono (sebelumnya Kakorbrimob).

03. Kapolda Jawa Tengah Irjen Didiek Sutomo Triwidodo akan menjabat posisi baru sebagai Wakabaintelkam Mabes Polri. Kemudian, Kapolda Jateng akan dijabat Irjen Pol. Dwi Priyatno yang sebelumnya Sahlisospol Kapolri.

04. Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Mudji Waluyo akan pindah ke Sahlisospol Kapolri yang ditinggalkan Dwi. Sedangkan, Kapolda Sulsel yang baru dijabat Irjen Pol Burhanuddin Andi yang sebelumnya Widyaiswara Utama Sespim Lemdikpol Polri.

05. Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Wisnu Amat Sastro ditempatkan menjadi Wakabaharkam Polri. Untuk posisi Kapolda Sumut yang baru akan diisi Irjen Syarief Gunawan yang sebelumnya Widyaiswara Utama Sespim Polri Lemdikpol.

06. Kapolda Jambi Brigjen Pol Husen Karta Dipoera diangkat dalam jabatan baru sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdikpol Polri. Posisi Kapolda Jambi diduduki oleh Brigjen Pol. Satriya Hari Prasetya yang sebelumnya Karorenmin Bareskrim.

07. Kapolda Riau Brigjen Pol Suedi Husen akan menduduki kursi Kasespimmen Sespim Polri Lemdikpol. Posisi Kapolda Riau yang ditinggalkan Suedi diisi Brigjen Pol Condro Kirono yang sebelumnya Karobinops Sos Polri.

08. Kapolda Kepulauan Riau Brigjen Pol Yotje Mende juga menanggalkan jabatannya dan menempati Kasespimti Sespim Polri Lemdikpol. Kapolda Kepri selanjutnya diduduki Brigjen Pol Endang Sudrajat yang sebelumnya Dirsosbud Baintelkam.

09. Kapolda Kalimantan Tengah Brigjen Pol Bachtiar Hasanuddin Tambunan mengisi posisi Inspektur I Inspektorat BNN. Kapolda Kalteng yang baru diduduki Brigjen Pol Djoko Mukti Haryono yang sebelumnya menjabat Analis Kebijakan Utama Bidang Kamneg Baintelkam Polri.

10. Kapolda Kaltim Brigjen Pol Anas Yusuf menempati jabatan baru sebagai Wakabareskrim Polri. Posisi yang ditinggalkan Anas dijabat oleh Brigjen Pol Dicky D Atotoy yang sebelumnya menjabat Kapolda Sulut.

11. Posisi Kapolda Sulawesi Utara yang ditinggalkan Brigjen Dicky dijabat oleh Brigjen Robby Kaligis yang sebelumnya menjabat Irwil V Itwasum Polri. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini