Sukses

[VIDEO]: Dari Suku Sahu Hingga Pesona Teluk Jailolo di Halmahera

Bukan rahasia lagi jika pulau-pulau di Indonesia menyimpan sejuta pesona menarik untuk berwisata. Tak terkecuali Halmahera Barat.

Bukan rahasia lagi jika pulau-pulau di Indonesia menyimpan sejuta pesona menarik untuk berwisata. Tak terkecuali Halmahera Barat. Kabupaten hasil pemekaran di Provinsi Maluku Utara ini memiliki pesta tahunan unik, yaitu Festival Teluk Jailolo. Yuk kita kenal lebih dekat Jailolo lewat tayangan `Ngubek-ngubek` Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (8/6/2013).

Masyarakat Jailolo didominasi Suku Ternate yang bahasanya justru lebih mirip Manado dibanding Maluku. Selain itu, banyak hal menarik lain di tanah Jailolo ini, yaitu Suku Sahu yang menjadikan Sasadu atau rumah adatnya menjadi objek wisata menarik.

Usai penyambutan, para tamu akan disambut hangat kepala suku dan diajak makan bersama di dalam sasadu. Permainan musik dalam jamuan makan adat ini memang menjadi keharusan. Sambil memainkan alat musik, ada satu orang yang bertugas memberi minum untuk para tamu.

Jailolo dikenal sebagai penghasil jagung. Selain itu ada juga kuliner unik yakni pisang mulut bebek. Jangan lupa pula singgah di Bukit Lima Ribu untuk bersantai sejenak.

Setelah mendalami Jailolo lewat berbagai makanan, mari kita menelisik lebih dalam potret sosial suku adat setempat. Salah satunya lewat becak motor. Alat transportasi ini sudah turun temurun di Jailolo. Paduan warnanya yang unik, lengkap dengan dentuman musik melalui pengeras suara, menjadikan becak motor selalu jadi pusat perhatian.

Jangan lupa menikmati keindahan alam bawah laut Teluk Jailolo. Salah satu yang memiliki pesona nan indah adalah di Pula Babua. Di tempat itu, wisatawan dapat menikmati keindahan alam bawah laut di kedalaman lima meter. (Don/Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini