Sukses

Hamas Mengakui Aksi Bom Bunuh Diri Yerusalem

Bom yang dipakai Abdel Hamid diisi dengan kepingan metal untuk memastikan jatuhnya jumlah korban yang maksimum. Dia menyamar dengan pakaian hitam Yahudi agar bisa masuk ke dalam bus Israel.

Liputan6.com, Yerusalem: Kelompok Hamas mengaku bertanggung jawab atas bom bunuh diri yang terjadi di atas sebuah bus di Yerusalem, Israel, Selasa (19/8). Dalam peristiwa itu, 20 orang, termasuk tiga orang bayi di bawah lima tahun, dilaporkan tewas [baca: Bom Bunuh Diri di Yerusalem, 20 Tewas].

Dalam rekaman video yang disebarkan kelompok Hamas terlihat pelaku bom bunuh diri bernama Raed Abdel Hamid Mask. Sebelumnya, Abdel Hamid menyatakan akan melakukan bom bunuh diri untuk membalas tindakan Israel yang menewaskan anggota Hamas [baca: Israel Menembak Mati Anggota Jihad Islam Palestina].

Bom yang dipakai Abdel Hamid diisi dengan kepingan metal untuk memastikan jatuhnya jumlah korban yang maksimum. Kiat itu berhasil. Sebanyak 20 orang tewas seketika dengan tubuh terpotong. Sementara 80 orang lainnya terluka. Abdel Hamid diperkirakan menyamar dengan mengenakan pakaian hitam Yahudi sehingga dapat memasuki bus tersebut.

Sementara itu, kelompok Jihad Islam kepada televisi Lebanon Al Manar juga mengaku bertanggung jawab atas peristiwa tersebut. Namun, Jihad Islam di Jalur Gaza tak mengkonfirmasi pengakuan tersebut.(ULF/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini