Sukses

Bu Een Koleksi Kaset Lama Gubahan SBY

Een Sukaesih, guru yang mengalami kelumpuhan di kaki dan tangan, ternyata punya album berisi lagu gubahan Presiden SBY.

Een Sukaesih, guru yang mengalami kelumpuhan di kaki dan tangan, ternyata punya album berisi lagu gubahan Presiden SBY yang dirilis tahun 2007.

Een Sukaesih, guru yang mengalami kelumpuhan di kaki dan tangan, memberi bukti atas ucapannya yang mengaku pengagum SBY. Saat berbincang-bincang dengan SBY dan Ibu Negara Ani Yudhoyono, Een memperlihatkan salah satu kaset koleksinya yang tak lain hasil gubahan SBY.

SBY pun kaget bercampur haru melihat koleksi lama itu masih ada yang menyimpannya. Kaset yang diperlihatkan Een itu adalah album 'Rinduku Padamu' yang dirilis tahun 2007.

"Saya paling suka dengan lagu yang berjudul Mengarungi Keagungan Tuhan," ujar Een saat bertemu SBY dan Ani di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu 5 Juni 2013.

SBY pun langsung ingat dengan lagu tersebut dan menceritakan proses penciptaannya. "Lagu ini saya tulis saat sedang bertugas di Sydney, Australia, yang bertepatan dengan hari ulang tahun saya. Lagu ini kemudian saya gubah dengan Ebiet G Ade yang juga menyanyikannya," tutur SBY.

Een juga mengisahkan perjuangan mendapatkan kaset tersebut. Awalnya, kata Een, dia mendengar tembang yang dibawakan Ebiet G Ade itu dari radio di Sumedang. "Karena suka lagunya, saya minta tolong saudara mencarikan. Tapi tak ada toko kaset yang menjualnya. Setelah minta kerabat di Jakarta mencarikan, baru ada," cerita Een.

Pengabdian Een

Een adalah warga Dusun Batu Karat, Desa Cibeureum, Sumedang, Jawa Barat. Dia merupakan lulusan Sekolah Pendidikan Guru dan D3 IKIP Bandung Jurusan Bimbingan dan Konseling. Een tiba-tiba mengalami kelumpuhan, sehingga gagal menjadi guru di sekolah.

Tubuh Een lumpuh total. Hanya mata dan mulut saja yang bisa digerakkan perempuan berusia 50 tahun ini. Meski menderita kelumpuhan, tak putus semangat Een untuk mengajar anak-anak yang datang ke rumahnya. Dari atas tempat tidurnya, Een mengajar anak-anak di lingkungannya.

Setiap manusia, kata Een, memiliki kekurangan dan kelebihan. Dia berharap kekurangan itu tak menjadikan seseorang lantas berkecil hati. "Kondisi boleh seperti ini, tetapi tujuan saya ingin beribadah. Saya ingin bermanfaat buat sesama. Karena sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat buat orang lain," tutur Een.

Een yang masuk dalam daftar kandidat penerima Liputan 6 Awards untuk kategori pendidikan justru mendapatkan Special Award pada Kamis 23 Mei lalu. Diserahkan secara langsung oleh Ketua Dewan Juri Jusuf Kalla. Tokoh nasional yang juga diidamkan Een untuk bersua, selain SBY. Special Award itu mengandung 3 kategori, yaitu pendidikan, pengabdian kepada masyarakat, dan kemanusiaan. (Frd/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.