Sukses

Kapal Kandas, Ratusan Penumpang Telantar di Pelabuhan Surabaya

Para penumpang harus ke Pelabuhan Semarang jika ingin ke Kalimantan mengunakan kapal.

Ratusan calon penumpang Kapal Binaya tujuan Kalimantan telantar di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Sebab, kapal yang sedianya akan mengangkut mereka ke Pulau Kalimantan tak kunjung tiba.

Manajer Operasional PT Pelni Zamroni mengatakan, para penumpang itu batal diberangkatkan karena Kapal Binaya yang ditunggu Kandas di Muara Kapuas, Pontianak. Para calon penumpang itu telantar di Gapura Surya, Tanjung Perak. Mereka mengembalikan tiket seharga Rp 270 ribu ke PT Pelni.

"Pemberangkatan Kapal Binaya dibatalkan karena mengalami kendala teknis, yakni sempat kandas di Muara Kapuas Pontianak saat menuju Surabaya. Tiket sebesar 100 persen dapat dikembalikan," kata Zamroni di Surabaya, Kamis (6/6/2013).

Para calon penumpang pun kemudian melanjutkan perjalanan ke Semarang, Jawa Tengah, untuk menumpang kapal lain ke tujuan yang sama. Sebagian besar dari mereka memilih menggunakan mobil travel untuk menuju ke Pelabuhan Semarang. Ongkos perjalanan pun membengkak.

Para calon penumpang itu rela ke Pelabuhan Semarang dengan biaya Rp 70 ribu untuk travel. Sebab, jika masih menunggu di Pelabuhan Tanjung Perak, mereka harus menunggu 2 minggu mendatang untuk berangkat ke Pontianak. (Eks/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini