Sukses

Korban Tewas Bangunan Runtuh di AS Bertambah, Jadi 6 Orang

Semula korban tewas hanya 1 orang, namun jumlah tersebut bertambah setelah dilakukan pencarian lebih lanjut.

Korban ambruknya bangunan berlantai 4 di Philadelphia, Amerika Serikat pada Selasa 5 Juni waktu setempat bertambah. Semula korban tewas disebut hanya 1 orang, namun jumlah tersebut bertambah 5 orang setelah dilakukan pencarian lebih lanjut. Total ada 6 korban nyawa.

Seperti dilansir dari News.com.au, Kamis (6/6/2013), korban cedera pun bertambah 1 orang menjadi 13 orang. Sebelumnya, Walikota Michael Nutter menyebut, korban pertama sebagai seorang wanita yang meninggal tertimpa puing bangunan. Jasadnya ditarik dari puing-puing reruntuhan pada pukul 10.45 pagi waktu setempat.

Penyelamat terus melakukan pembersihan menggunakan ember, keranjang, dan tangan kosong, untuk memindahkan batu sepanjang sore, guna mencari korban lainnya. Sementara kantong mayat telah dipindahkan dari lokasi bangunan runtuh itu.

Selain itu, Walikota Nutter mengatakan bahwa pemerintah belum mengetahui berapa banyak orang yang berada di toko barang bekas atau di trotoar saat bangunan 4 lantai itu runtuh. Namun Nutter memastikan para pekerja darurat  bekerja dengan teliti saat melakukan upaya penyelamatan. "Jika ada orang lain di dalam gedung itu, mereka akan menemukannya,'' tuturnya.

Komisioner Pemadam Kebakaran Philadelphia Lloyd Ayers mengatakan, tim penyelamat telah siap untuk menggali puing-puing sepanjang sore. Hingga kini mereka tidak tahu berapa banyak orang berada di toko barang bekas ketika bangunan runtuh di atasnya.

Sedangkan beberapa korban cedera dibawa ke rumah sakit karena mengalami luka ringan. Setelah diobati, mereka pun diperbolehkan pulang.

Saat ini, pejabat dari Departemen Tenaga Kerja dan Keselamatan dan Kesehatan Administrasi berada di tempat kejadian. Untuk memantau proses penyelamatan tersebut.

Di bangunan yang runtuh pada Rabu pagi waktu setempat, terdapat sebuah bangunan kosong yang dulunya toko sandwich di lantai pertama, dan apartemen di bagian atasnya. Bersisian dengan toko barang bekas, toko buku bacaan dewasa, dan bioskop yang telah ditutup beberapa bulan lalu. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.