Sukses

Puluhan Ribu Umat Islam Berzikir untuk Indonesia

Umat Islam dari Jabotabek, Jawa Barat, dan Jawa Tengah berzikir akbar dan berdoa dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-58 di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta: Puluhan ribu umat Islam dari Jakarta-Bogor-Tangerang-Bekasi serta Jawa Barat dan dan Jawa Tengah melakukan zikir akbar dan doa dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan ke-58 Republik Indonesia di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat [baca: Zikir Akbar Digelar Menyambut Proklamasi]. Ketua MPR Amien Rais dan Wakil Presiden Hamzah Haz hadir dalam acara tersebut. Ustad Arifin Ilham yang memimpin zikir mengutuk aksi-aksi kekerasan atas nama Islam.

Sekitar 3.000 warga Cileungsi, Bogor, Jabar, berunjuk rasa untuk ke-enam kalinya. Warga menentang keberadaan tempat pembuangan sampah terpadu (TPST) di desa mereka. Aksi dilakukan dengan membubuhkan tanda tangan darah ke spanduk berisi pernyataan sikap sepanjang hampir tiga kilometer [baca: Tanda Tangan Darah untuk Menolak Pembangunan TPST].

Hujan deras selama dua hari di Kota Padang, Sumatra Barat, merendam jalan dan rumah serta areal pertanian yang selama ini kekeringan akibat kemarau. Puluhan rumah di sepanjang aliran Sungai Batang Kuranji juga terancam tergerus sungai [baca: Puluhan Rumah di Bantaran Sungai Batangkuranji Terancam Ambruk].

Bencana yang menghantam Padang tidak saja berupa banjir. Delapan rumah di Pantai Purus rusak diterjang ombak pasang. Hujan yang terus menerus mengguyur menyebabkan sebuah dam di dekat pantai jebol dan membuat gelombang naik. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini [baca: Delapan Rumah Rusak Dihantam Ombak Pantai Purus].

Para penyelam mengibarkan bendera Merah Putih di dasar laut dekat bangkai Kapal Liberty Wreck di Pantai Tulamben, Bali [baca: Merah Putih Berkibar di Dasar Laut Bali]. Kapal Amerika Serikat ini tenggelam akibat torpedo kapal perang Jepang saat perang dunia kedua. Arus kuat di dasar laut banyak membantu Merah Putih berkibar lebih sempurna.(TNA/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.