Sukses

3 Wanita Pendemo Topless Disidang, Pengadilan Dikepung

Tiga perempuan anggota kelompok Femen mesti berurusan dengan hukum karena melancarkan demo topless atau telanjang dada.

Tiga wanita anggota kelompok Femen mesti berurusan dengan hukum karena melancarkan demo topless atau telanjang dada. Kini mereka disidang di Pengadilan Tunisia, Rabu (5/6/2013), waktu setempat.

Seperti dilansir BBC, 3 terdakwa yang terdiri dari 2 wanita Prancis, yakni Pauline Hillier, Marguerite Stern dan 1 perempuanJerman, Josephine Markmann terancam hukuman 1 tahun penjara apabila terbukti bersalah melakukan perbuatan tak pantas di muka publik.

Dalam ruang persidangan, Pauline, Marguerite dan Josephine mengenakan pakaian sopan, dengan kerudung putih lokal.

Meski demikian, para aktivis muslim tetap mengecam keberadaan mereka. Para aktivis tersebut mengepung pengadilan sebagai aksi protes kepada 3 wanita Femen itu.

"Mau saja kau membela wanita-wanita itu. Kalian bukan Tunisia, kalian bukan kami," seru para demonstran kepada pengacara 3 wanita Femen.

Pauline, Marguerite dan Josephine sebelumnya bikin geger warga Tunisia. Betapa tidak, mereka melancarkan demo topless di negara dengan penduduk mayoritas Muslim itu, pada pertengahan Mei lalu.

Salah satu di antara mereka, bahkan memposting foto topless di Facebook, sebagai aksi protesnya. Mereka juga menulis pesan Femen di bangunan keagamaan Kairouan. Jelas saja, aparat geram. Ketiga wanita itu pun langsung dibekuk dan diseret ke pengadilan.

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Tunisia Mohamed Ali Aroui mengutuk keras aksi wanita Femen itu. Menurutnya, aksi demo topless Femen tidak bermoral.

"Remaja wanita ditangkap di Kairouan pada hari Minggu kemarin. Aksinya sangat tidak bermoral," kata Mohamed Ali dalam konferensi pers, yang dimuat News.com.au.

"Kami masyarakat muslim tak dapat menerima sikap marjinal tersebut," sambung dia. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini