Peringati HUT DKI, Jokowi Bakal Buka Pameran Flora dan Fauna 2013

  • Peristiwa
  • 0
  • 05 Jun 2013 17:24

jokowi-rotasi130221c.jpg
Pameran Flora dan Fauna (Flona) 2013 akan segera digelar di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Rencananya, Gubernur DKI Jakarta Jokowi sendiri yang akan membuka Pameran Flona ini.

"Pameran ini dilaksanakan sejak 1984 dan digelar sebagai rangkaian HUT DKI Jakarta sekaligus HUT Kemerdekaan Indonesia," ujar Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta Widyo Dwiyono di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat (5/6/2013).

Widyo menuturkan, Kampung Hijau dipilih sebagai tema pameran untuk menggugah kepedulian masyarakat dalam menjaga dan melestarikan lingkungan.  Sebanyak 270 stand akan berpartisipasi dalam pameran ini. Widyo mengatakan, jumlah ini meningkat bila dibandingkan dengan Pameran Flona 2012 lalu yang berjumlah 260 stand.

"Juga diadakan beberapa kontes, di antaranya kontes adenium, kontes sansevieria, kontes anthurium, kontes aglaonema, kontes reptil, gathering pecinta musang, dan gathering pencinta landak mini, serta sarasehan pecinta tanaman dan klinik konsultasi tanaman," tuturnya.

"Kami mengundang pemerintah daerah lain, seperti Pemerintah Kabupaten Garut untuk turun dalam pameran ini. Tidak hanya itu, kami mendatangkan pemerhati lingkungan Ully Sigar Rusady untuk memberikan hiburan bagi pengunjung," kata Widyo.

Pada Pameran Flona ini juga akan dilakukan pemberian piagam penghargaan bagi pengusaha yang turut andil dalam penataan dan pemeliharaan taman serta jalur hijau di Jakarta melalui program corporate social responsibility (CSR). Serta pemberian piala Lomba Taman dan Penghijauan Lingkungan Tingkat Provinsi DKI Jakarta 2012.

"Kami mengharapkan dengan berbagai kegiatan tersebut, Pameran Flona tahun ini dapat mendatangkan 500 ribu pengunjung. Dan dapat menghasilkan transaksi jual beli tanaman lebih dari Rp 1 miliar. Tahun lalu nilai transaksinya sebesar Rp 1 miliar. Tahun ini kami harapkan meningkat dari nilai tahun lalu," harap Widyo.

Pameran Flona 2013 ini akan dibuka selama 1 bulan. Mulai dari 7 Juni hingga 8 Juli mendatang dan dibuka sejak pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB. (Ndy/Mut)

Credit: Nadya Isnaeni

Terpopuler