Sukses

SBY: Meski Handycap, Semangat Ibu Een Luar Biasa

Presiden SBY menyampaikan kekagumannya atas upaya Ibu Een berjuang demi pendidikan anak-anak di daerahnya.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kiprah Een Sukaesih, guru yang mengalami kelumpuhan di kaki dan tangan. Tak urung keharuan pun dirasakan Presiden SBY dan Ibu Negara Ani Yudhoyono.

"Luar biasa, meski punya handycap, tapi semangatnya luar biasa," kata SBY sesaat sebelum Ibu Een tiba di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (5/6/2013).

SBY kemudian menyampaikan kekagumannya atas upaya Ibu Een berjuang demi pendidikan anak-anak di daerahnya. "Saya merasa kasihan, tapi bangga," ucapnya dengan mata berkaca-kaca.

Apresiasi itu juga ditunjukkan SBY saat bertemu dengan Ibu Een. Sesaat setelah ranjang yang membawa Ibu Een memasuki ruangan Kantor Presiden, sapaan lembut dilontarkan SBY dan Ani. "Terima kasih atas kedatangan Ibu Een," ucap Ani disambut dengan keharuan yang sama dari Ibu Een.

Lumpuh

Een adalah warga Dusun Batu Karat, Desa Cibeureum, Sumedang, Jawa Barat. Een merupakan lulusan Sekolah Pendidikan Guru dan D3 IKIP Bandung Jurusan Bimbingan dan Konseling. Dia tiba-tiba mengalami kelumpuhan, sehingga gagal menjadi guru di sekolah.

Tubuh Een Sukaesih lumpuh total. Hanya mata dan mulut saja yang bisa digerakkan perempuan berusia 50 tahun ini. Kendati menderita kelumpuhan, tak putus semangatnya mengajar anak-anak yang datang ke rumahnya. Dia membaktikan diri dengan mengajar anak-anak dari rumah selama 28 tahun. Dari atas tempat tidurnya, Een mengajar anak-anak di lingkungannya.

Setiap manusia, kata Een, memiliki kekurangan dan kelebihan. Ia berharap kekurangan itu tak menjadikan seseorang lantas berkecil hati. "Kondisi boleh seperti ini, tetapi tujuan saya ingin beribadah. Saya ingin bermanfaat buat sesama. Karena sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat buat orang lain," tegas Een. (Ary/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.