Sukses

SBY: Allah Mempertemukan Kita Bu Een

Ibu Een pun tak kuat menahan haru. Sambil menangis, ia mengucapkan terima kasih atas kesediaan Presiden dan Ibu Negara menyambutnya.

Een Sukaesih, guru yang mengalami kelumpuhan di kaki dan tangan, akhirnya bisa mewujudkan mimpinya bertemu orang nomor satu di negeri ini. Bertempat di Kantor Presiden, Jakarta, Een disambut Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Yudhoyono.

"Allah mempertemukan kita, Bu Een," ujar Presiden SBY saat menyambut Ibu Een di pintu Kantor Presiden, Selasa (5/6/2013).

Ibu Een pun tak kuat menahan haru. Sambil menangis, ia mengucapkan terima kasih atas kesediaan Presiden dan Ibu Negara menyambutnya. "Saya berterima kasih atas kesempatan ini dan saya selalu mendoakan Bapak dan Ibu," ujar Ibu Een.

Keharuan juga dirasakan oleh Presiden SBY. "Saya yang harusnya berterima kasih. Saya serta Ibu Negara juga mendoakan Ibu," ujar SBY dengan mata berkaca-kaca.

Turut hadir dalam pertemuan ini Menteri Koordinator Kesejahtreraan Rakyat Agung Laksono, Menteri Pendidikan M. Nuh, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha, Chairman Emtek Group Eddy Sariaatmadja, dan Pemred Liputan 6 SCTV Nurjaman Mochtar.

Een adalah warga Dusun Batu Karat, Desa Cibeureum, Sumedang, Jawa Barat. Een merupakan lulusan Sekolah Pendidikan Guru dan D3 IKIP Bandung Jurusan Bimbingan dan Konseling. Dia tiba-tiba mengalami kelumpuhan sehingga gagal menjadi guru di sekolah.

Tubuh Een Sukaesih lumpuh total. Hanya mata dan mulut yang bisa digerakkan perempuan yang tak berdaya sejak 28 tahun silam itu. Kendati menderita kelumpuhan, tak putus semangatnya mengajar anak-anak yang datang ke rumahnya. Dia membaktikan diri dengan mengajar anak-anak dari rumah. Dari atas tempat tidurnya, Een mengajar anak-anak di lingkungannya.

Setiap manusia, kata Een, memiliki kekurangan dan kelebihan. Ia berharap kekurangan itu tak menjadikan seseorang lantas berkecil hati. "Kondisi boleh seperti ini, tetapi tujuan saya ingin beribadah. Saya ingin bermanfaat buat sesama. Karena sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat buat orang lain," tegas Een.

Masuk dalam daftar kandidat penerima Liputan 6 Awards untuk kategori Pendidikan, Een pun berangkat ke Jakarta. Tiga penghargaan special award dengan tiga kategori yaitu pendidikan, pengabdian kepada masyarakat, dan kemanusiaan diraih Een dalam acara yang digelar Kamis 23 Mei 2013.

Pada kesempatan itu pula Een menyampaikan niatnya untuk bertemu Presiden SBY yang dikaguminya. "Saya ingin bertemu langsung. Beliau (SBY) itu kan seorang yang hebat, seorang yang cerdas. Saya kagum pada beliau," ujar Een.

Kepada SBY, Een ingin menyampaikan beberapa keinginan terkait fenomena pendidikan yang ia rasa cukup mengkhawatirkan. Salah satunya situasi pendidikan saat ini. Masih banyak yang belum mendapatkan pendidikan yang layak, mulai dari tenaga pengajar, fasilitas, dan akses untuk memperoleh pendidikan. (Yus/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini