Sukses

[VIDEO] Bom Bunuh Diri Poso Terkait Bom Rakitan di Lumajang

Mabes Polri menyatakan, aksi bom bunuh diri di Mapolres Poso, Sulawesi Tengah berkaitan dengan ledakan bom rakitan di Lumajang.

Mabes Polri menyatakan, aksi bom bunuh diri di Mapolres Poso, Sulawesi Tengah berkaitan dengan ledakan bom rakitan di Lumajang, Jawa Timur, Sabtu lalu. Hal ini berdasarkan hasil pemeriksaan sementara terhadap seorang perakit bom Lumajang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Seperti ditayangkan Liputan6 Malam, Rabu (5/6/2013) dini hari, bom bunuh diri yang meledak di Mapolres Poso yang menewaskan pembawa bom ternyata tidak berdiri sendiri. Polisi tengah mengembangkan keterkaitan bom bunuh diri itu dengan ledakan bom rakitan di lokasi agen penjualan tiket di Kalan Raya Senduro, Lumajang, Jawa Timur.

Tim penyidik Polres Lumajang juga telah memeriksa Fungki seorang perakit bom yang menyerahkan diri Senin kemarin. Menurut Kapolres Lumajang AKBP Susanto, dari hasil pemeriksaan sementara, Fungki ditetapkan sebagai tersangka kasus bom rakitan itu.

Di Jakarta, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen Boy Rafli Amar membenarkan, ada keterkaitan antara ledakan bom rakitan di Lumajang dengan aksi bom bunuh diri di Poso.

Sementara itu sejumlah tokoh agama di Poso-sulawesi tengah mengadakan pertemuan pascaledakan bom bunuh diri. Mereka menyesalkan aksi bom bunuh diri itu karena mengakibatkan citra keamanan semakin merosot di dunia luar. Mereka pun mendesak aparat keamanan bisa segera menuntaskan aksi teror dan kekerasan di wilayah Poso agar citra keamanan di Poso tidak terus memburuk. (Osc/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini