Sukses

NasDem Usul Batas Maksimal Dana Kampanye Caleg Rp 5 M

Komisi Pemilihan Umum (KPU) saat ini masih merumuskan aturan batas maksimal dana kampanye bagi setiap calon legislator (caleg) untuk Pemilu 2014.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) saat ini masih merumuskan aturan batas maksimal dana kampanye bagi setiap calon legislator (caleg) untuk Pemilu 2014. Partai NasDem mengusulkan, agar dana kampanye caleg yang dibatasi sebesar Rp 5 miliar.

"Kita sih setuju saja, kita sedang menugnggu peraturan KPU (PKPU)-nya seperti apa. Kita setuju saja dalam rangka untuk meningkatkan demokrasi kita sehingga para caleg tidak jor-joran melebihi batas kewajaran dalam kampanye," kata Sekjen Partai NasDem, Patrice Rio Capela di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta, Selasa (4/6/2013).

Partai NasDem lanjut Rio, mengusulkan agar dalam PKPU nanti KPU mengatur batas maksimal dana kampanye caleg sebesar Rp 5 miliar yang diambil dari angka termahal biaya kampanye dari setiap daerah pemilihan (dapil) seperti di Papua. Lantaran, menurut Rio, setiap dapil membutuhkan dana yang berbeda-beda.

"Ini harus diatur batas maksimal dana kampanye tapi karena setiap dapil itu berbeda-beda angkanya, maka seharusnya ambil saja biaya kampanye tertinggi di dapil tertentu seperti di Papua misalnya dengan batasan Rp 5 miliar, nah itu baru fair dan adil. Survei kita kampanye di Papua Rp 5 miliar itu cukup," terangnya.

Rio menjelaskan, hal itu perlu diatur agar semua caleg bisa bersaing dengan adil. Karena itu, bila nantinya ada caleg dari partai tertentu dengan menghabiskan jutaan dolar untuk kampanye, maka dana itu harus diaudit untuk menghindari terjadinya praktik pencucian uang hasil kejahatan korupsi.

"Karena kalau kampanye itu menghabiskan sekian juta dolar maka itu yang perlu dipertanyakan. Apakah itu uang dari pencucian uang atau apa, ya uang dari mana Rp 16 miliar untuk kampanye itu. Dan itu perlu diaudit," tukas Rio. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.