Sukses

Polri: Rumah Bermaterial Bom di Bekasi Terkait Jaringan Abu Roban

Polres Bekasi menemukan sebuah rumah berisi material yang diduga untuk membuat bom rakitan.

Polres Bekasi menemukan sebuah rumah berisi material yang diduga untuk membuat bom rakitan. Rumah yang berada di tengah Perumahan Pondok Timur Mas, Kelurahan Jakasetia, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, itu diduga memiliki kaitan dengan kelompok teroris Abu Roban yang sebelumnya telah ditangkap.

"Temuan ini hasil pengembangan dari kelompok Abu Roban, terkait teroris yang ada di Jakarta, Ciputat, dan Tangerang (yang ditangkap) beberapa waktu lalu," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Boy Rafli Amar di kantornya, Jakarta, Selasa (4/6/2013).

Dari temuan itu, polisi menyita 8 buah pipa 3 inchi, 25 pipa 2 inchi, 20 tabung putih dan hitam, serta kabel dan peralatan elektronik lainnya. "Saat ini polisi sedang menelusuri orang yang mengontrak rumah tersebut untuk dimintai keterangan," ujar dia.

Untuk mengidentifikasi pelaku teroris lainnya, saat ini polisi tengah mengembangkan barang-barang temuan itu, dengan kelompok teroris yang pernah ditangkap sebelumnya.

"Masih diselidiki lebih lanjut. Kami khawatirnya ada lagi tindakan dan kelompok yang belum teridentifikasi," ungkap Boy.

Sebelumnya, Kapolresta Bekasi Kota Kombes Pol Priyo Widiyanto menegaskan benda mencurigakan yang ditemukan itu bukanlah bom. "Temuan itu bukan bom, hanya benda yang isinya kapasitor dan resistor, tidak ada unsur peledaknya," ucap Priyo. (Mut/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini