Sukses

Elsam: Kebebasan Berekspresi Jakarta Tidak Lebih Baik dari Papua

DKI Jakarta mendapatkan poin kebebasan berekspresi dimensi sosial-politik, agama, dan budaya sebesar 60,41. Sedangkan Papua berada di atas DKI Jakarta dengan 66,67 poin.

Sebagai Ibukota, DKI Jakarta ternyata tidak lebih baik dari Papua. Berdasarkan survei Lembaga Studi Dan Advokasi Masyarakat (Elsam) di 5 provinsi, kebebasan berekspresi dimensi sosial-politik, agama, dan budaya di DKI Jakarta justru lebih buruk jika dibandingkan dengan daerah konflik seperti Papua.

Dalam survei itu, dibandingkan dengan 4 provinsi lainnya, DKI Jakarta menduduki posisi terendah kebebasan berekspresi, baik sosial-politik, agama, dan budaya. DKI Jakarta mendapatkan poin sebesar 60,41. Sedangkan Papua berada di atas DKI Jakarta dengan 66,67 poin.

"Jakarta itu kompleks. Di sana bertemunya etnis, agama, dan juga kepentingan setiap individu. Pelanggaran-pelanggaran di Jakarta itu sangat berpengaruh untuk buruknya kebebasan berekspresi," papar peneliti Elsam, Wahyudi Djafar di Hotel Ibis, Jakarta, Selasa (4/6/2013).

"Di samping itu, tetap kelompok intoleran juga memberikan intimidasi kepada perjalanan kebebasan berekspresi," imbuhnya.

Dia menuturkan, buruknya kebebasan berekspresi dapat memunculkan kaum intoleran, seperti yang juga terjadi di Kalimantan Barat. "Nah kebetulan kaum Intoleran itu sudah menguat sehingga itu menjadi tantangan bagi warga Kalbar untuk melakukan praktik kebebasan brekspresi," ujar Wahyudi.

Posisi pertama provinsi dengan kebebasan berekspresi yang paling baik diraih oleh Kalimantan Barat, disusul kemudian dengan Sumatera Barat dan Papua dengan poin yang sama sebesar 66,67 poin. Berada di bawah Sumbar dan Papua, yakni Jogjakarta dengan 62,50 poin dan DKI Jakarta sebesar 60,41 poin.

Survei ini dilakukan pada Oktober-Desember 2012. Sementara pengumpulan data dilakukan pada Agustus 2011-Agustus 2012. (Ndy/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini