Sukses

Hatta Rajasa: Film Sang Kiai Memberi Inspirasi Besar

Hatta Rajasa menggelar nonton bareng film Sang Kiai di Studio XXI Megaria Cikini bersama para tokoh-tokoh NU.

Film Sang Kiai ternyata juga menarik perhatian Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa. Pria yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Perekonomian ini menggelar nonton bareng film yang menceritakan perjuangan pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy'ari ini dengan warga Nahdliyin.

Film Sang Kiai garapan sutradara Rako Prijanto ini mengisahkan perjuangan Hasyim Asy'ari dalam menegakkan NKRI, termasuk di antaranya menjadi tokoh kunci di balik peristiwa 10 November 1945 di Surabaya. Menurut Hatta, film ini dapat memotifasi semangat nasionalisme bangsa Indonesia.

"Kita tahu sosok dari Sang Kiai yaitu Hadratussyaikh KH Hasyim Asy'ari adalah tokoh pejuang, dia memberikan inspirasi besar yang patut kita teladani terutama generasi muda dalam dunia yang sudah mengglobal seperti ini, Beliau bukan hanya bagian dari NU saja melainkan bagian dari bangsa Indonesia," kata Hatta saat ditemui usai acara nonton bareng Film Sang Kiai di Jakarta, Senin malam (3/6/2013).

Dalam acara nobar tersebut, hadir pula sang Sutradara Rako Prijanto, dan artis-artis nasional lainnya seperti Anang Hermansyah dan Ashanty serta Tokoh NU yakni Aizzudin Abdurahman atau Gus Aiz yang merupakan cucu Hasyim Asy'ari.

Hatta mengatakan, bahwa partainya kini banyak diisi oleh tokoh-tokoh NU. Namun, Hatta menegaskan bahwa acara nonton bareng film 'Sang Kiai' yang digelar Studio XXI Megaria Cikini bersama para tokoh-tokoh NU itu bukan bagian untuk menarik dukungan dari masyarakat NU pada pemilu 2014 mendatang.

"Di PAN, warga NU banya sekali. Jadi nonton film ini tidak terkait dengan itu jangan lah dikaitkan dengan itu (strategi politik pemenangan PAN) jadi film ini sangat bagus karena memberikan inspirasi dan keteladanan," ujar Hatta.

Sementara, tokoh muda NU yang juga menjadi Ketua Umum PANDU Indonesia--organisasi sayap PAN--Rodli Kaelani mengatakan, film yang menceritakan perjuangan Hasyim Asy'ari merupakan inspirasi pencerahan bagi kaum muda Indonesia. Karena itu, acara nobar tersebut tidak terkait dengan kegiatan politik untuk menggalang suara PAN.

"Ini merupakan tontonan pertama Bang Hatta bersama kita semua, bersama kaum muda dan keluarga besar Nahdlatul Ulama. Sang Kiai yaitu KH Hasyim Asy'ari adalah milik bangsa dan milik dunia termasuk juga KH Ahmad Dahlan dalam film sang pencerah yang juga merupakan milik bangsa. Dan film ini merupakan ispirasi perjuangan kita semua dalam menjaga kedaulatan NKRI," papar Rodli. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.