Sukses

Mengharukan, Anjing Berduka di Sisi Peti Jenazah Seorang Polisi

Figo menempatkan satu kakinya di peti jenazah, sebelum diturunkan ke tanah, seakan memberikan salam perpisahan.

Adegan mengharukan terlihat di upacara pemakaman  Jason Ellis (33) seorang anggota Kepolisian Kentucky di kesatuan K-9, yang tewas dibunuh penjahat di pintu keluar jalan tol 25 Mei lalu. Saat melaksanakan tugasnya.

Keluarga yang patah hati ditinggal orang terkasih, ratusan rekan kerja yang menangis haru, juga seekor anjing yang berada di dekat peti mati mendiang.

Anjing itu, Figo namanya, berdiri di dekat peti jejazah di Pemakaman Highview, Chaplin, Kentucky. Dia adalah patner tugas Jason Ellis.

Seperti dimuat Daily Mail (3/6/2013), sebuah foto mengabadikan momentum mengharukan, saat anjing itu menempatkan satu kakinya di peti jenazah, sebelum diturunkan ke tanah, seakan memberikan salam perpisahan.

Setelah kematian rekannya, Figo pensiun dini dari Unit K-9. Ia kini tinggal bersama janda Jason, Amy serta dua putra lelakinya yang baru berusia 6 dan 7 tahun.

Dalam pemakaman yang digelar Kamis pekan lalu, Kepala Kepolisian  Rick McCubbin mengatakan Jason Ellis telah mengorbankan nyawanya untuk sesuatu yang ia cintai: menjadi seorang polisi. Ia juga menyebut Jason dan anjing polisi Figo sebagai "patner sejati".

Mantan pemain baseball yang lantas menjadi anggota polisi diterjang berondongan senjata api setelah keluar dari mobil dinasnya, untuk memungut puing-puing di Bluegrass Parkway, Nelson County. Penyelidikan soal kematiannya terus dilakukan.

Baik kepolisian maupun warga berusaha memberikan penghormatan sepantasnya. Peti jenazah Jason Ellis yang ditutupi bendera ditempatkan di kereta yang ditarik seekor kuda putih. Dikawal empat petugas yang menaiki kuda. Satu orang, tanpa, kuda memimpin jalan. Bagpipe dan drum dibunyikan.

Di akhir upacara pemakaman, dua helikopter terbang rendah, para pemain bagpipe memainkan lagu "Amazing Grace".

Kematian Jason juga menjadi duka seluruh warga. Jemaat memenuhi gereja tempat kebaktian pelepasan digelar. Di sepanjang jalan, orang-orang berbaris melepas iring-iringan peti mati menuju pemakaman.

Anjing Setia Hawkeye

Kisah serupa juga pernah terjadi saat prosesi pemakaman anggota Navy SEAL, Jon Tumilson (35), yang tewas dalam kecelakaan helikopter di Afghanistan, akhir 2011 lalu.

Upacara  dihadiri 1.500 pelayat dan berlangsung mengharukan. Namun ekspresi duka yang paling kuat terungkap dalam foto sepupu mendiang, Lisa Pembleton. Yang mengabadikan detik-detik terakhir kebersamaan seekor anjing, Hawkeye bersama tuannya.

Anjing jenis labrador  retriever itu berbaring di dekat peti mati yang ditutupi bendera Amerika Serikat, sampai prosesi pemakaman berakhir.

Anjing itu ikut maju saat rekan Tumilson, Scott Nichols ke depan untuk menyampaikan pidato duka cita. Saat Nichols bersiap berpidato, Hawkeye tiba-tiba berbaring dekat peti mati. Mengharukan. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini