7 Penganan Korea yang Serupa dengan Indonesia

  • Citizen6
  • 0
  • 03 Jun 2013 18:02

130603ckuliner.jpg
Citizen6: Negeri Korea terkenal memiliki kuliner yang sangat beragam begitu juga Indonesia. Namun, ada beberapa panganan yang apabila di telusuri memiliki kesamaan baik itu dari tekstur, bahan baku, maupun penampilan dengan makanan Indonesia. Berikut ini adalah panganan asal Negeri Korea yang memiliki persamaan dengan kuliner Indonesia.

1. Pajeon vs Martabak Telur

Apabila dilihat dari bahan baku untuk pembuatannya seperti telur, daun bawang serta sayuran tidak jauh berbeda dengan martabak telur di Indonesia. Martabak telur buatan Indonesia ditambahkan dengan daging sapi cincang. Sedangkan di Korea bahan Pajeon atau pancake daun bawang tersebut ditambahkan dengan potongan cumi, potongan daging babi, atau kimchi untuk menambah variasi.

2. Kkultarae vs Gulali

Masyarakat Indonesia mengenal panganan ini sebagai gulali dan berbahan baku gula dan berwarna merah. Di Korea, manisan tersebut menggunakan madu atau gula jagung sebagai bahan bakunya. Apabila gulali menggunakan mesin dalam tahap pembuatannya maka Kkultarae tanpa menggunakan mesin atau di buat secara manual oleh pedagangnya.

3. Dakkochi vs Sate Ayam

Di Korea ternyata masyarakatnya juga menggenal sate ayam. Apabila di Indonesia sate ayam tersebut hanya diberi bumbu kacang atau kecap, potongan kecil ayam ini di Korea diolah dengan bermacam bumbu.

4. Kimchi vs Asinan Sayuran

Sepintas penampilan keduanya terlihat serupa namun baik rasa maupun bahan bakunya sangat berbeda. Bahan baku kimchi adalah sawi putih atau lobak sedangkan asinan sayuran kol,toge, sawi, selada,wortel, mentimun dan memiliki kuah encer.

5. Chamchijeon vs Perkedel

Kuliner ini terlihat serupa namun Chamchijeon adalah pancake yang berbahan dasar ikan tuna. Sedangkan perkedel terbuat dari kentang yang ditambah dengan daun bawang dan cincangan daging serta ditambah dengan telur.

6. Gangjeong vs Rengginang

Gangjeong adalah kue tradisional khas Korea yang terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan biji wijen, kedelai, kacang cemara, pollen dan tepung beras. Indonesia mengenal makanan ini sebagai rengginang yang memiliki cita rasa asin dan manis.

7. Tteok vs Kue Moci

Baik Tteok maupun kue moci memiliki banyak persamaan baik bahan baku maupun cita rasanya. Kedua panganan manis ini terbuat dari tepung beras dan diisi dengan kacang - kacangan. Selain itu kuliner ini sering dijadikan oleh - oleh yang praktis baik di Indonesia maupun di Korea. (Yesha/YSH)

Yesha adalah pewarta berita

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com.

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler