Sukses

Dalami Kasus Suap Impor Sapi, KPK Periksa Soewarso

Anggota Divisi Bidang Penelitian Pangan Kadin, Soewarso, dijadwalkan diperiksa penyidik KPK untuk tersangka Direktur Utama PT Indoguna Utama, Maria Elizabeth Liman.

Setelah dihadirkan sebagai saksi dalam persidangan kasus dugaan suap pengurusan kuota daging sapi impor di Kementerian Pertanian, anggota Divisi Bidang Penelitian Pangan Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Soewarso, dijadwalkan diperiksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk tersangka Direktur Utama PT Indoguna Utama.

"Soewarso akan diperiksa hari ini sebagai saksi untuk Maria Elizabeth Liman," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK saat dikonfirmasi di Kantor KPK, Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (3/6/2013).

Selain memeriksa Soewarso, lembaga pimpinan Abraham Samad itu juga telah menjadwalkan pemeriksaan terhadap salah satu saksi lainnya dari swasta, yakni Ewin Suib.

Dalam persidangan dua terdakwa dari PT Indoguna Utama, Arya Abdi Effendy dan H. Juard Effendi, Soewarso membenarkan adanya pertemuan antara Suswono, mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Luthfi Hasan Ishaaq, Elda Devianne Adiningrat, Ahmad Fathanah, dan Maria Elizabeth Liman.

Kata Soewarso beberapa waktu lalu, pertemuan itu terjadi di sela-sela kegiatan Safari Dakwah PKS di Medan, Sumatera Utara. Mereka melangsungkan pertemuan di kamar Luthfi Hasan di Hotel Aryaduta, Medan, pada 11 Januari lalu. Dia juga mengakui pertemuan itu difasilitasi oleh Luthfi Hasan.

Sebelumnya, berkas itu awalnya memang diberikan oleh Elizabeth kepada Luthfi Hasan, yang isinya adalah data-data soal perlunya ada penambahan kuota impor daging sapi. Dalam berkas itu, Elizabeth juga mencantumkan adanya dugaan jual beli izin impor daging sapi oleh beberapa importir, yang mengakibatkan kelangkaan daging sapi di pasaran. (Ado/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini