Sukses

[VIDEO] Tradisi Unik Tawuran Nasi Warga Rembang

Meski terkena lemparan nasi, tidak ada warga yang marah. Mereka bahkan tertawa dengan riang.

Ada tradisi unik yang sampai saat ini masih terus dilakukan oleh warga Desa Pelemsari, Kecamatan Sumber Rembang, Jawa Tengah. Ratusan warga terlibat tawuran. Namun bukan tawuran yang sebenarnya dengan menggunakan senjata tajam atau batu sebagai senjata utamanya.
Mereka menggunakan nasi hasil dari panen padi . Tradisi ini mereka sebut dengan sebutan tawur nasi.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Senin (3/6/2013), sebelum melakukan tawuran, para warga terlebih dahulu menggelar doa di punden. Selesai membacakan doa bersama, para warga langsung mengambil nasi yang sudah dikumpulkan di dekat punden. Dalam ritual ini para warga saling melempar nasi hasil panen mereka. Meski terkena lemparan nasi, tidak ada warga yang marah. Mereka bahkan tertawa dengan riang.

Tradisi tawur nasi ini sengaja digelar para warga secara rutin setiap tahunnya untuk mensyukuri hasil panen mereka. Pada pelaksanaan  tawur nasi kali ini, warga sengaja  memajukan pelaksanaannya empat bulan lebih awal dari jadwal biasanya. Hal itu dikarenakan hasil panen mereka kali ini cukup baik. Usai melakukan tradisi tawur nasi, mereka kemudian mandi bersama.

Nasi-nasi yang tercecer dari pelaksanaan tradisi tawur nasi digunakan warga untuk makanan ternak. Warga percaya dengan memberikan nasi yang digunakan dalam tradisi tawur nasi, hasil ternak mereka akan lebih melimpah. (Han/Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini