Sukses

[VIDEO] Bengkel Tulang Sangkal Putung

Desa Sumput, Sidoarjo, Jawa Timur, dikenal menjadi tempat pengobatan tradisional tulang atau sangkal putung.

Motor cross adalah olah raga yang benar-benar mengandalkan kekuatan tehnik dan tubuh. Namun jika salah teknik, cidera akan mengancam pemain. Bahkan permainan motor cross benar- benar mempertarungkan kekuatan tubuh. Karena seorang manusia dianggap kuat ketika otot dan tulangnya dalam kondisi prima.

Disamping otot, tulang memiliki peran penting dalam roda aktifitas manusia mulai dari bekerja hingga olah raga bela diri. Dan ketika tulang dinyatakan cidera maka akan menjadi masalah besar. Situasi ini secara alamiah memunculkan berbagai profesi berkaitan dengan urusan pertulangan dari dokter, tabib hingga dukun tulang.

Seperti di Desa Sumput, Sidoarjo, Jawa Timur. Belasan orang yang mengaku ahli pengobatan tulang membuka praktek bengkel tulang. Sangkal putung, nama metode pengobatan mereka. Terlihat deretan plang-plang praktek di ruas jalan kampung. Sejumlah pasien terlihat menunggu di ruang tunggu menunggu giliran untuk dipijit.

Seperti sangkal putung milik Hajah Fatimah, misalnya. Ia fatimah mengaku menerima ilmu itu dari ayahnya Haji Saderi.

"Nenek tu dulu tirakatnya kuat. Tiba-tiba Allah menurunkan kelebihan ini untuk menolong orang banyak," kata terapis Sangkal Putung,  Fatimah dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Senin (3/6/2013).

Metode pengobatan Fatimah benar-benar hanya mengandalkan doa dan pengetahuan tulang dari orang tuanya secara turun-temurun. Bahkan Fatimah yakin betul air zam zam yang sudah didoakan akan mengantarkan pasien pada kesembuhan.

Ari Kurniawan salah satu pasien yang menyerahkan urusan kesembuhan tulangya pada Fatimah. Lengan dan kaki Ari patah akibat motor yang dikendarainya menabrak pohon.

Masing-masing terapis di daerah itu memiliki sejarah dan metode pengobatan sendiri-sendiri. Tetapi banyak warga sepakat ahli sangkal putung adalah orang yang diberkahi kemampuan dari yang maha kuasa dalam menjawab masalah tulang retak atau bahkan patah.

Jika Fatimah tak punya fasilitas rawat inap, Musrifah beda lagi. Wanita yang biasa disapa Umi ini menyediakan ruang agar pasien tak repot bolak-balik ke dan dari tempat prakteknya. Musrifah juga fleksibel, mobil menyambangi pasien satu demi satu dan lebih mengutamakan pasien datang membawa foto x-ray. Hasil rontgen bagi Musrifah hanya meyakinkan kondisi pasien semata.

Musrifah juga mengadopsi sebagian ilmu kedokteran modern. Dan ketika pasien membutuhkan obat penghilang rasa nyeri, Musrifah memilih memanggil dokter. Dan dokterlah yang menyuntikan obat.

Penyembuhan tulang di sangkal putung bervariasi, tergantung dari letak tulang dan usia si pasien. Patah tangan membutuhkan waktu 2-3 bulan. Femur atau tulang paha paling lama memakan waktu penyembuhan sampai 7 bulan. Sedangkan bagi anak-anak sangkal putung yakin betul dalam dua bulan tulang bakal tersambung sempurna.

Untuk lengkapnya, Anda bisa menyaksikan liputan Potret Bengkel Tulang Sangkal Putung selengkapnya melalui video di bawah ini. (Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini