Sukses

[VIDEO] Cermati... 'Presto Bumbu Boraks'

Para penggemar masakan presto ikan, nampaknya harus berhati-hati.

Para penggemar masakan presto ikan, nampaknya harus berhati-hati. Sebab ada segelintir pembuat ikan presto nakal yang masih menggunakan bahan kimia berbahaya seperti boraks dalam bumbu campurannya.

Tentu saja, campuran tersebut sangat membahayakan bagi kesehatan. Memang sekilas tampak mengerikan. Tapi Anda jangan terlalu cemas.  Sebab masih banyak produsen ikan presto yang bertanggung jawab terhadap produk yang dihasilkannya.

Namun, Anda harus menjadi konsumen cerdas yang pandai memilih dan memilah makanan yang sehat.

Dalam tayangan program SIGI yang ditayangkan Liputan 6 SCTV, Sabtu (1/6/2013), kecurigaan tim investigasi bermula karena harga yang dibandrol pedagang untuk bandeng presto cukup murah. Dengan kemasan seadanya, cukup aneh jika ikan presto teresbut mampu bertahan lama.

Penyelidikan pun berlanjut dengan sampling produk. Ikan presto lalu dibawa ke laboratorium untuk diuji karena diduga mengarah pada penggunaan kimia berbahaya. Hasilnya, beberapa ikan presto positif mengandung boraks.

Lantas, bagaimana mereka meramu boraks dan ikan dalam pembuatan presto tersebut? Berikut investigasi Tim SIGI, dalam 'cermati presto bumbu boraks' selengkapnya:

(Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini