Sukses

Unik! Aksi Syukur Siswa SMP di Sidoarjo, Semir Sepatu Guru

Puluhan siswa Sekolah Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al Muslim Sidoarjo, Jawa Timur, menggelar aksi menyemir sepatu milik guru mereka.

Puluhan siswa Sekolah Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al Muslim Sidoarjo, Jawa Timur, menggelar aksi menyemir sepatu milik guru mereka. Hal itu dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur untuk merayakan kelulusan.

"Para siswa dengan sengaja menyemir sepatu masing-masing guru, sebagai bentuk lain dari ungkapan syukur dan bakti kepada gurunya," ujarnya Humas SMP Al Muslim Siti Amina di Sidoarjo, Sabtu 1 Juni 2013.

Selain itu, sambung Siti, para siswa juga mencuci baju milik para guru. Dengan aksi itu, mereka berharap bisa selalu mengingat jasa para gurunya.

"Baju yang sudah dicuci tersebut lalu disetrika, dan selanjutnya diberikan kembali kepada masing-masing guru untuk dikenakan lagi ketika mengajar," ucapnya.

Siti mengatakan, poin penting yang perlu dicatat dari tindakan siswanya adalah semangat dan rasa syukur atas kelulusan mereka yang disalurkan melalui tindakan yang positif.

"Tidak hanya 2 kegiatan itu saja yang dilakukan pada siswa untuk mengucapkan rasa syukur mereka kepada para guru, akan tetapi ada cara lainnya. Yakni sebagian siswa mencuci sepeda motor guru," paparnya.

Para siswa pun tanpa dikomando langsung bergegas menuju ke tempat parkir sepeda motor guru, dan selanjutnya mencucinya secara bersama-sama.

"Siswa rela melakukan semua itu, sebagai simbol ucapan terima kasih atas segala jasa para guru yang telah mengantarkan mereka berhasil lulus dalam ujian nasional," jelasnya.

Sebelumnya, prosesi kelulusan ala SMP Al Muslim Sidoarjo dilaksanakan di teras sekolah dalam suasana santai. Mereka semua baik siswa dan guru duduk bersila di karpet.

Setelah kepala sekolah memberikan sambutan, satu per satu siswa yang mengikuti ujian nasional pada tahun ini, yakni sebanyak 24 anak dipanggil untuk menerima amplop berisi pengumuman lulus atau tidaknya mereka. Hasilnya, ternyata mereka lulus semua. (Ant/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini