Sukses

Jokowi Puas Melihat Pengerukan Kali Sipon Semanan

Jokowi mengaku puas saat melihat pengerukan Kali Sipon Semanan di Kelurahan Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Kalideres, Jakarta Barat.

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi), mengunjungi pengerukan Kali Sipon Semanan di Kelurahan Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Kalideres, Jakarta Barat. Setiba di lokasi Jokowi memantau lokasi dan proses pengerukan oleh 1 buah eskavator didampingi Kepala Seksi Dinas Pekerjaan Umum Bidang Tata Air Kalideres, Amir Pangaribuan.

"Kita ingin ngecek lapangan. Pelaksanaan pengerukan sungai-sungai kecil dan sedang di Jakarta. Salah satunya di sini. Saya ingin lihat," ujar Jokowi kepada wartawan, Jumat (31/5/2013).

Setelah mengecek kali tersebut, mantan Wali Kota Surakarta itu mengaku cukup puas karena ia melihat air sungai sudah bisa mengalir dengan lancar dan kali pun lebih dalam.

"Di sini cukup mudah. Karena ada jalan inspeksi di kanan kiri. Tapi kalau sudah ada rumah di pinggirannya, maka akan kesulitan memasukkan alat berat," kata Jokowi.

Sementara menurut Amir Pangaribuan, pengerukan dilakukan sejak Kamis 30 Mei 2013 dan ditargetkan selesai hingga 7 hari kemudian.

Kali Sipon Semanan membentang dari Kota Tangerang hingga Jalan Daan Mogot sepanjang 2,5 kilometer dengan lebar 8 meter. Kedalaman kali sebelum dikeruk hanya sekitar 1,5 meter dan ditargetkan nantinya memiliki kedalaman hingga 2,5 meter.

"Di sini eskavator 1 ditambah 30 orang secara manual ngeruk. Nanti dilihat. Kalau memang lalu-lintas tidak padat, kita tambah eskavator. 1 hari 4 truk angkut lumpur. Buangnya ke daerah yang sesuai. Harus dituntaskan sampai titik akhir," jelas Amir. (Ado/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.