Sukses

40 Guci Kuno Abad IX Ditemukan di Situs Liyangan, Temanggung

Guci-guci yang ditemukan di situs peninggalan Mataram Kuno itu diduga dibuat pada Dinasti Tang pada abad IX-X.

Tim dari Balai Arkeologi Yogyakarta yang melakukan ekskavasi di Situs Liyangan, Desa Purbosari, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menemukan sejumlah benda kuno. Sedikitnya ditemukan 40 guci dan tembikar kuno dalam ekskavasi ke-4 itu.

Ketua Tim Ekskavasi Situs Liyangan Sugeng Riyanto mengatakan, petugas memperoleh guci-guci tersebut setelah merangkai kembali pecahan-pecahan kaca, keramik, gerabah, dan tembaga yang ditemukan.

"Setelah kami rekonstruksi, dari ribuan pecahan tersebut saat ini terdapat 40 guci dan tembikar berhasil dirangkai. Diduga barang-barang tersebut dibuat pada Dinasti Tang abad IX-X," kata Sugeng di Temanggung, Jawa Tengah, Kamis (30/5/2013).

Situs Liyangan merupakan peninggalan peradaban zaman Mataram Kuno sekitar abad IX Masehi. Pada ekskavasi itu, tim juga menemukan benda-benda yang terbuat dari logam seperti senjata mirip pedang, alat pertanian berupa lempak atau sekop, serta 2 tatanan batu yang diduga digunakan sebagai "batur" atau tempat seperti pendapa.

"Pada penggalian tahun 2012, kami juga menemukan sarana peribadatan berupa candi, batur, selasar tangga batu, talut air dari kubus batu, talut air yang terbuat dari batu kali, dan talut air dari papan batu," tutur Sugeng. (Ant/Eks/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini