Sukses

Wajib Militer Bakal Diberlakukan, Prabowo: Bagus, Seperti Korsel

Mantan Danjen Kopassus Letjen TNI Purn Prabowo Subianto mendukung rencana pemberlakuan wajib militer.

Indonesia tampaknya akan menerapkan program wajib militer, karena Komisi I DPR kini tengah membahas draft Rancangan Undang-Undang Wajib Militer. Dukungan pun mengalir dari sejumlah pihak, termasuk dari mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus Letnan Jenderal TNI Purn Prabowo Subianto.

"Ini seperti di Korsel juga, tapi kita lebih pada pendidikan wawasan kebangsaan dan pendidikan disiplin," jelas Prabowo di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Kamis (30/5/2013).

Meski belum membaca secara detail draft RUU tersebut, Prabowo menggarisbawahi dirinya mendukung. "Bagus, saya setuju. Itu terkait pendidikan disiplin kewarganegaraan," ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq menjelaskan kalau wajib militer dapat jadi hal penting untuk mempersiapkan masyarakat ketika negara berada dalam keadaan terancam.

Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Partai Demokrat Hayono Isman juga merasakan adanya urgensi akan pemberlakuan wajib militer. "Kalau terjadi perang, masa kita diam. Kita harus bantu negara," ujarnya. (Ado/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.