Sukses

Sebelum ke Afrika, Zaenal Aktif Dakwah di Jamaat Tabligh

Zaenal Nurrizki (23), anak ke-3 Wiranto yang meninggal dunia aktif dakwah di Jamaat Tabligh.

Zaenal Nurrizki (23), anak ke-3 Wiranto yang meninggal dunia di Johannesburg, Afrika Selatan, merupakan anggota komunitas dakwah, Jamaat Tabligh. Hal tersebut disampaikan oleh Ibunda Zaenal, Rughaiyah Usman atau yang biasa dipanggil Uga Wiranto.

"Ya almarhum memang sudah ikut di Tabligh sejak lulus SMA. Ia sudah mulai aktif melakukan dakwah," ujar Uga usai melaksanakan kegiatan pengajian di rumahnya di Jalan Palem Kartika Nomor 21, Bambu Apus, Jakarta Timur, Rabu (29/5/2013).

Uga pun mengaku, dia dan Wiranto mendukung aktivitas anak bungsunya tersebut yang memilih jalan sebagai seorang yang giat melakukan dakwah sejak muda.

"Saya dukung langkah yang sudah diambil olehnya. Dia masih muda, tapi sudah punya jiwa dakwah yang tinggi dan kita dukung langkah beliau. Bapak dan saya mendukung," tutur Uga.

Hal tersebut juga diakui oleh kakak ipar Zaenal bernama Abdi Setiawan Effendi. Suami dari kakak pertama Zaenal, Amalia Sianti ini mengatakan, Zaenal sudah mulai mengikuti aktivitas dalam Jamaat Tabligh ke beberapa tempat sejak lulus SMA.

"Ia mulai tertarik ikut sejak usia 19 tahun. Untuk ikut khuruj ke beberapa tempat. Dari situ, ia mulai belajar agama lebih banyak," terang Abdi yang mengenakan setelan gamis putih dengan lilitan surban di atas kepalanya.

Menurut Abdi, semenjak fokus mendalami agama di Jamaat Tabligh, perilaku dan sikap Zaenal menjadi lebih baik.

"Ya tentu banyak sekali perubahan. Akhlaknya dengan keluarga menjadi lebih baik. Sampai akhirnya, ia memutuskan untuk menuntut ilmu ke Darul Ulum Zakariyyah di Afrika Selatan," ucap Abdi. (Frd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.