Sukses

Zaki Sespri Diingatkan Jangan Berbisnis dengan Fathanah

Zaki menyatakan, Fathanah tak segan melakukan apa saja untuk memuluskan keinginannya. Meskipun harus menyakiti orang lain.

Saksi pada kasus dugaan suap impor daging sapi di Kementerian Pertanian, Ahmad Zaki mengaku pernah dinasihati mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq untuk tak terlibat dalam kerja sama bisnis dengan Ahmad Fathanah. Asisten pribadi Luthfi ini menguak hal tersebut saat bersaksi untuk terdakwa Arya Abdi Effendy dan Juard Effendy.

"Saya di awal sudah diingatkan Pak Luthfi. Beliau bilang ke saya, 'Ahmad Fathanah jangan untuk bisnis. Perilaku Fathanah bisa melompati siapa pun'," ujar Zaki di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (29/5/2013).

Zaki menyatakan, Fathanah tak segan melakukan apa saja untuk memuluskan keinginannya. Meskipun harus menyakiti orang lain. "Fathanah pada siapa pun. Kalau dia menginginkan sesuatu, tidak peduli jika dia harus nikam dari belakang," tuturnya.

"Saya harus berkata seperti itu. Karena realitanya demikian," ucapnya.

Namun, Zaki tak membantah jika dia pernah diberi uang sebesar Rp 7,5 juta oleh Fathanah. "Saya biasanya, kalau dia beri berarti posisinya saya sedang tidak punya uang, atau mungkin pada saat itu dia maksa saya terima uang," terang Zaki.

Fathanah kini sudah ditetapkan sebagai tersangka. Fathanah diduga terlibat dalam kasus suap dan juga terindikasi melakukan tindak pidana pencucian uang. Begitu pun dengan Luthfi. KPK juga sudah menjerat Luthfi dalam kasus yang sama dengan Fathanah. (Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini