Sukses

Pasien KJS Diinfus di Meja, Jokowi: Itu Kerikil Kecil, Tambah RS!

Pasien Kartu Jakarta Sehat (KJS) di RSUD Koja, Jakarta Utara, terus melonjak. Puncaknya, perawatan terhadap pasien pun terpaksa dilakukan di meja pendaftaran.

Pasien Kartu Jakarta Sehat (KJS) di RSUD Koja, Jakarta Utara, terus melonjak. Puncaknya, karena kehabisan tempat tidur, perawatan hingga infus terhadap pasien pun terpaksa dilakukan di meja pendaftaran.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi menyatakan, kesulitan penanganan pasien KJS di beberapa rumah sakit tersebut merupakan 'kerikil kecil' yang harus segera diatasi.

"Ya faktanya di lapangan memang masih ada 1 atau 2 yang seperti itu. Yang saya bilang, kerikil-kerikil kecil yang harus diselesaikan," ujar Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Rabu (29/5/2013).

Solusi yang sedang disiapkan Pemrov DKI, menurutnya, adalah dengan menambah rumah sakit di DKI Jakarta untuk menampung pasien-pasien yang tertumpuk di 1 rumah sakit. Seperti yang terjadi di kawasan Jakarta Selatan.

"Harusnya kan kita ini sudah mulai tambah rumah sakit. Tetapi sampai sekarang, izin dari dewan (DPRD DKI) belum keluar. Izin multiyears-nya belum keluar," tutup Jokowi.

Pemeriksaan di meja pendaftaran dilakukan perawat RSUD Koja karena tidak ada lagi kasur di ruangan IGD yang bisa digunakan. Sekitar 50 pasien dan penunggunya menumpuk di ruangan yang hanya berukuran sekitar 100x30 meter itu. Tak ada lagi kasur tersisa bagi mereka yang baru datang. (Riz/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini