Sukses

[VIDEO] Ngeri! Lumpur Lapindo Bisa Picu Tanah Amblas

Hari ini, tepat 7 tahun terjadinya semburan lumpur Lapindo di Porong, Sidoarjo, Jawa Timur.

Hari ini, tepat 7 tahun terjadinya semburan lumpur lapindo di Porong, Sidoarjo, Jawa Timur. Sejumlah LSM dan korban lumpur Lapindo memperingatinya dengan menceburkan ogoh-ogoh menyerupai Aburizal Bakrie atau Ical ke kolam lumpur.

7 Tahun pasca-semburan lumpur, kini dampak paling berbahaya membayangi. Yakni berupa amblasan tanah yang bisa mengancam infrastruktur dan korban jiwa. Amblasan tanah ini bisa terjadi tiba-tiba dan radiusnya mampu mencapai ratusan meter.

Bahaya lumpur Lapindo ini disampaikan alumnus Institut Teknologi 10 November Surabaya, Djaja Laksana di atas tanggul titik 10 D Kelurahan Siring, Porong. Melalui lukisan karya Adenan dan Kahir, Djaja menjelaskan dampak lumpur Lapindo ini.

"Tiap-tiap hari amblesan terjadi. Jadi syukurlah amblesan yang terjadi selama ini berjalan pelan," kata Djaja dalam Liputan 6 Petang SCTV, Rabu (29/5/2013). (Ndy/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.