Sukses

Pengacara: Fathanah Peluk Saya, Menangis Sambil Beri Dokumen KPK

Saat memeluk Fathanah, Rozi meminta kliennya bersabar. Saat itulah tiba-tiba Fathanah memberinya setumpuk dokumen.

Ahmad Rozi, pengacara tersangka kasus suap impor sapi dan pencucian uang, Ahmad Fathanah, tidak mengetahui dokumen milik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang diberikan kliennya itu ternyata hasil curian. Rozi tidak sempat bertanya kepada kliennya saat menerima berkas-berkas tersebut.

"2 Hari setelah penangkapan AF saya sebagai pengacara datang ke KPK. Saya dipeluk sama dia sambil menangis," kata Rozi saat bersaksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta Selatan, Rabu (29/5/2013).

Saat memeluk Fathanah, Rozi meminta kliennya bersabar. Saat itulah tiba-tiba Fathanah memberinya setumpuk dokumen, yang belakangan diketahui telah dicuri Fathanah dari KPK. Fathanah pun meminta Rozi untuk mempelajari dokumen itu.

"Dia langsung ngasih setumpuk berkas. Saya letakkan di samping saya. Tapi dia bilang langsung suruh pelajarin. Waktu itu saya tidak bicara detail karena saya konsentrasi tenangkan dia," jelas Rozi.

M Rum, koordinator Jaksa Penuntut Umum pada KPK bertanya, "Kenapa tidak ditanya kepada Fathanah?"

"Saya nggak tanya, dia menangis terus," jawab Rozi.

Fathanah sendiri sudah mengakui pencurian dokumen milik KPK itu. Hal itu terungkap saat Fathanah bersaksi Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta Selatan, Jumat 17 Mei 2013 lalu.

"Pernah dan tidak izin. Setelah ditangkap KPK, kami 2 hari 2 malam diinterogasi. Setahu saya, apa yang belum sampai pada substansi saya ditangkap. Dan begitu saya lihat ada dokumen, saya ambil dokumen itu. (Isi dokumen) Mengenai apa yang disangkakan kepada saya. Karena saya capek sekali saat itu," jawab Fathanah di muka sidang. (Ism/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini