Sukses

BAP KPK yang Dicuri Fathanah Diperbanyak Staf Pengacara Luthfi

Fathanah sudah mengakui pencurian dokumen milik KPK itu. Hal itu terungkap saat Fathanah bersaksi Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta Selatan, Jumat 17 Mei 2013 lalu.

Tersangka kasus suap impor sapi dan pencucian uang Ahmad Fathanah mencuri Berkas Acara Pemeriksaan (BAP) milik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Rupanya, dokumen yang dicuri Fathanah itu sudah diperbanyak alias digandakan.

Hal itu terungkap saat M Rum, koordinator Jaksa Penuntut Umum pada Pengadilan Tindak Pidana Korupsi bertanya kepada saksi persidangan. Rum bertanya kepada saksi yang juga pengacara Ahmad Fathanah, Ahmad Rozi.

BAP yang diduga dicuri Fathanah itu kemudian diperbanyak. Hasil perbanyakan BAP curian itu kemudian ditemukan di salah satu kediaman terdakwa kasus impor sapi, Arya Effendy. Berkas itu ditemukan saat tim penyidik KPK melakukan penggeledahan.

"Itu kenapa copy BAP bisa ditemukan di rumah Arya?" tanya Jaksa Rum kepada Rozi di gedung Pengadilan Tipikor, Jakarta Selatan, Rabu (29/5/2013).

"Saya tahu ada penangkapan Ustad Luthfi. Pengacara Ustad Luthfi, Zainuddin Paru mengajak ketemuan. Minta tukeran dokumen," jawab Rozi. Luthfi merupakan mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang juga tersangka dalam kasus ini.

Rozi melanjutkan, "Sama stafnya Zainuddin Paru difotokopi. Saya tahu itu jadi masalah setelah saya diperiksa KPK."

Fathanah sudah mengakui pencurian dokumen milik KPK itu. Hal itu terungkap saat Fathanah bersaksi Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta Selatan, Jumat 17 Mei 2013 lalu.

"Pernah dan tidak izin. Setelah ditangkap KPK, kami 2 hari 2 malam diinterogasi. Setahu saya, apa yang belum sampai pada substansi saya ditangkap. Dan begitu saya lihat ada dokumen, saya ambil dokumen itu. (Isi dokumen) Mengenai apa yang disangkakan kepada saya. Karena saya capek sekali saat itu," jawab Fathanah di muka sidang. (Ism/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.