Sukses

Jakarta Padat, Jokowi: Nggak Mungkinlah Kita Bangun Tembok Besar

Semakin tua, Jakarta semakin padat. Jokowi pun mengakui, urbanisasi atau perpindahan penduduk dari desa ke kota merupakan masalah terbesar Ibukota.

Semakin tua, Jakarta semakin padat. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo pun mengakui, urbanisasi atau perpindahan penduduk dari desa ke kota merupakan masalah terbesar ibukota. Namun tak mudah untuk bisa menekan laju urbanisasi di Jakarta saat kota ini masih begitu memukau warga pelosok untuk mengadu nasib.

"Nggak mungkinlah kita bangun tembok besar mengelilingi Jakarta dan melarang datang ke Jakarta," ucap lelaki yang akrab disapa Jokowi ini di Balaikota, Jakarta, Rabu (29/5/2013).

Menurut mantan Walikota Solo itu, diperlukan inisiatif pemerintah pusat dan pemerintah daerah masing-masing untuk membantu mengembangkan lapangan pekerjaan di daerah. Ini penting agar warga tak akan berpusat pada 1 wilayah saja. Untuk itu, APBN maupun APBD sebaiknya diinvestasikan juga ke kota-kota lain untuk membangun lapangan pekerjaan.

"Sehingga tidak berbondong-bondong ke Jakarta. Cuma itu aja, nggak ada tindakan yang lain," ujarnya.

"Mestinya memang mendorong investasi masuk ke daerah. Di daerah itu ada lapangan pekerjaan, tempat untuk mencari pekerjaan," pungkas Jokowi. (Ndy/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.