Sukses

Bangun 680 Rusun, Jokowi `Tagih` Utang Para Pengembang

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi menuturkan, para pengembang lahan di Ibukota masih berutang sebanyak 680 rusun kepada Pemprov DKI.

Pembangunan rumah susun di Muara Baru, Jakarta Utara, dan Daan Mogot, Jakarta Barat segera dirampungkan. Bukan dari kas Pemprov DKI, pembangunan 8 blok rusun di Muara Baru dan 10 blok di Daan Mogot itu akan dibiayai oleh para pengembang lahan di Ibukota.

Untuk itu, dana pembangunan rusun ini nantinya akan mengambil kewajiban para pengembang Ibukota sebesar 20 persen dari luas bangunan mereka. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi menuturkan, para pengembang ini masih berutang sebanyak 680 rusun kepada Pemprov DKI.

"Ngapain kita keluarin (dana) sendiri? 680 (rusun) Aja di depan mata masih banyak," ujar Jokowi di Balaikota, Jakarta, Rabu (29/5/2013).

Mantan Walikota Solo itu berharap, pembangunan 2 rusun itu dapat rampung pada akhir 2013 ini. Pembangunannya sendiri akan dimulai pada pertengahan Juni mendatang.

"Moga-moga sudah rampung akhir tahun. Juni sudah mau kebut-kebutan bangun rusun. Kami tergetkan 5 bulan rampung," harapnya.

Saat ini, lanjut dia, Pemprov DKI telah menyelesaikan rusun di atas lahan Muara Baru seluas 2,3 hektar. Kemudian di atas lahan sekitar 6 hektar di Luar Batang, Jakarta Utara, juga akan dibangun rusun.

"Warga direlokasi, ya nunggu rusun rampung," ucap Jokowi. (Ndy/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini