Sukses

Persamaan Ganjar Pranowo dengan Jokowi

Banyak yang menilai kemenangan Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko berdasarkan hasil quick count tidak terlepas dari efek Jokowi. Apalagi memang ada persamaan antara Ganjar dengan Jokowi.

Banyak yang menilai kemenangan Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko berdasarkan hasil quick count tidak terlepas dari efek Jokowi. Apalagi memang ada persamaan antara Ganjar dengan Gubernur DKI Jakarta bernama lengkap Joko Widodo itu.

"Figur Ganjar hampir tidak bisa disamakan dengan Jokowi. Sekalipun dipaksakan, kesamaan di antara sosok keduanya adalah pada pribadi bersih dan terlihat tulus," kata Direktur Lingkar Madani untuk Indonesia (Lima) Ray Rangkuti saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Rabu (29/5/2013).

Menurut dia, keunggulan pasangan yang dijagokan PDIP ini dinilai tak lepas dari figur Ganjar. Anggota DPR itu lebih memegang peranan ketimbang pasangannya, Heru.

"Ya, figur utamanya ada pada Ganjar. Figur Ganjar selain memang populer juga memikat, muda, energik, visioner, dan yang utama adalah bersih. Sejauh ini, di DPR misalnya, tak terdengar kasus negatif apapun yang dikaitkan dengan dirinya," ucap Ray.

Bahkan sebaliknya, lanjut dia, Ganjar salah satu dari sedikit anggota DPR yang layak diapresiasi karena kinerja, visi, dan langkah-langkah politik yang bersih. "Hingga tak berlebihan kalau disebut Ganjar adalah salah satu bintang muda DPR," ujar Ray.

Hasil akhir perhitungan cepat yang dilakukan beberapa lembaga survei dalam Pilkada Jawa Tengah mengunggulkan pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko.

Dari salah satu hasil hitung cepat Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang rampung pada Minggu 26 Mei sekitar pukul 15.20 WIB, 49,93 persen dari 100 persen sampel suara yang masuk memilih pasangan Ganjar-Heru.

Suara terbanyak kedua diperoleh pasangan Bibit Waluyo-Sudjiono. Pasangan yang diusung Partai Demokrat (PD), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Golkar ini memperoleh 30,15 persen.

Sedangkan pasangan nomor urut 1, Hadi Prabowo-Don Murdono berada di urutan paling buncit. Pasangan yang diusung PPP, PKS, PKB, Gerindra, Hanura, dan Partai Keadilan Nasional Ulama (PKNU) itu memperoleh 19,92 persen. (Tnt/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini