by

PNS Tangerang Tak Paham Fungsi Kartu Pegawai Elektronik

  • Citizen6
  • 0
  • 29 Mei 2013 09:55
Citizen6, Tangerang: Kabar menggembirakan, tahun  2013 Badan Kepegawaian Nasional (BKN) tidak lagi menerbitkan Kartu Pegawai (Karpeg) karena menggantinya dengan  Kartu Pegawai Negeri Sipil Elektronik (KPE). Kartu multifungsi itu selain dapat digunakan sebagai kartu identitas PNS dan keluarganya sampai pensiun, juga berguna untuk urusan Perbankan dan belanja.
 
Di Kabupaten Tangerang ada sekitar 1200 orang  dari 4,5 juta jumlah PNS di Indonesia yang akan menggantikan Karpeg menjadi KPE. Telah seminggu para PNS tersebut secara bergiliran dan mengantri untuk merekam data kartu yang mirip KTP Elektrik itu. Sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui kelebihan fungsi KPE selain sekedar kartu identitas PNS.

Ini terungkap saat pengambilan foto dan sidik jari di lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang. “Walau sebelumnya kami telah mendapatkan informasi, tapi belum banyak tahu kelebihan fungsi KPE,” aku Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Pendidikan Kecamatan Legok, Samijan, yang ditemui di Kantor Dinas Pendidikan, Tigaraksa, Selasa (28/5), kemarin.

Hal senada dikatakan PNS lainnya yang mengantri. Seorang pengawas sekolah di wilayah yang sama bernama Wasis mengakui tak tahu bila KPE dapat juga digunakan untuk keperluan Perbankan seperti penggunaan ATM.  “Kami hanya  diundang untuk pengambilan gambar dan sidik jari ke sini. KPE kami tahu sebagai pengganti Karpeg,  belum tahu fungsi lainnya,” ujarnya. 

Namun Maman seorang kepala sekolah di SDN Binong 2 Kecamatan Curug  seusai melakukan pemotoan dan sidik jari, mengakui dirinya memahami optimalisasi kegunaan KPE.  “Selain sebagai kartu PNS dapat digunakan untuk fungsi perbankan dan alat untuk berbelanja di jaringan supermarket tertentu ” ujar dia.

 Sekedar informasi, BKN menerbitkan KPE dengan nama dan nomor induk pegawai negeri, berpasfoto seragam Pemda lengkap dan kartu memiliki chip. Kelebihannya, pemiliknya dapat menggunakan  di seluruh wilayah Indonesia dan tidak dibebankan biaya administrasi bulanan oleh Bank Pembangunan Daerah (BPD)  (Edy Syahputra/KW)

*Edy Syahputra adalah pewarta warga

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com.
Comments
Sign in to post a comment