Sukses

Pencarian Rombongan Ketua DPRD Solok Dilanjutkan

Awalnya tim pencari sempat menghentikan upaya tersebut dan melakukan pencarian lagi pada Rabu pagi.

Pencarian rombongan napak tilas Ketua DPRD Kabupaten Solok yang hilang di kawasan Bukit Barisan Solok berlangsung hingga Selasa 28 Mei malam. Meskipun tim pencari sempat menghentikan upaya tersebut dan melakukan pencarian lagi pada Rabu pagi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Kota Padang, Budi Erwanto mengatakan, pencarian 21 orang yang belum ditemukan dilanjutkan setelah ada koordinasi dengan pihak TNI dan juga sekretaris bersama (Sekber) pencinta alam. Meski BPBD dan Damkar sempat menyatakan akan melanjutkan pencarian pada pagi hari karena kendala malam hari dan medan yang cukup berat, setelah koordinasi akhirnya pencarian tersebut tetap dilanjutkan.

"Pencarian rombongan yang masih dinyatakan hilang tersebut dilakukan oleh 2 tim, dari titik atau posko yang ada saat ini di Lori, Air Dingi, Lubuk Minturun, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang," kata Budi di Padang, Sumatera Barat, Rabu (29/5/2013).

Budi menambahkan, 2 tim sebanyak 35 orang dari Batalyon 133 dan Sekber telah berangkat sekitar pukul 21.00 WIB untuk melanjutkan pencarian di malam hari. Diharapkan rombongan, tersebut dapat segera sampai ke lokasi tempat diduga para rombongan berada.
    
Menurut BPBD dan Damkar Kota Padang, jarak dari lokasi posko saat ini dengan titik kemungkinan rombongan yang masih hilang tersebut sekitar 3 kilometer.

19 Orang Sudah Ditemukan

Sebelumnya, 19 orang anggota rombongan napak tilas ketua DPRD Kabupaten Solok, telah ditemukan pada Selasa kemarin sekitar pukul 10.30 WIB dan tiba di posko pencarian di kawasan Lalang  Pasa Lalang, Belimbing Kecamatan Kuranji Kota Padang pukul 12.00 WIB dalam keadaan selamat di  kawasan Aia Dingin, Lubuk Minturun Kecamatan Koto Tangah Kota Padang.

19 Orang yang telah ditemukan di posko pencarian di daerah Pasa Lalang Belimbing Kecamatan Kuranji Kota Padang adalah Rusdi, Kiri, Edison, Met, Anton, Nazar, Cion, Ajo, Bujang, Mus, Et, Ahmad, Naf, Zalman, Chandra, Zul, If, Mulyadi, dan Mai.

Sementara hingga saat ini, masih terdapat 21 orang lain yang belum ditemukan, termasuk Ketua DPRD Syafri Datuak Siri Marajo.
     
Rombongan yang hilang tersebut saat berangkat berjumlah 40 orang. Mereka tengah melakukan napak tilas dari Solok menuju Padang, dan dilaporkan hilang di kawasan Bukit Barisan Kabupaten Solok.
     
"Seharusnya, rombongan yang berangkat dari Nagari Koto Sani, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok pada Sabtu 25 Mei telah sampai di Padang pada Minggu 26 Mei. Namun hingga saat ini belum ada satu pun rombongan yang sampai," kata Bupati Solok Syamsu Rahim di Padang.

Syamsu mengatakan, rombongan napak tilas terdiri atas Ketua DPRD Solok Syafri Datuak Syiri Marajo, beberapa anggota DPRD, staf Dinas Kehutanan dan sejumlah warga setempat.
     
Sementara itu, menurut salah seorang anggota rombongan Mulyadi (40) yang telah ditemukan, 19 orang ini berjarak sekitar 5 kilometer dari rombongan lain karena lebih dulu berangkat dan sempat bermalam di salah satu bukit yang ada pada minggu malam.
     
Mulyadi juga mengatakan, persediaan logistik telah menipis dan hanya makan nasi serta garam dalam 2 hari terakhir. (Ant/Tnt/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini