Sukses

[VIDEO] Buruh BUMN Demo Dahlan Iskan, Minta Outsourcing Dihapus

Mereka menilai outsourcing menindas para buruh karena kerap terjadi pelanggaran seperti upah dibawah minimum.

Ratusan buruh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar unjuk rasa di depan Gedung Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jakarta. Mereka menuntut sistem kerja alih daya atau outsourcing di perusahaan BUMN dihapuskan.

Liputan 6 SCTV, Rabu (29/5/2013) memberitakan, ratusan buruh itu berunjuk rasa sambil membawa berbagai spanduk. Para buruh yang tergabung dalam Gerakan Bersama Buruh Pekerja BUMN atau Geber BUMN ini mendesak Menteri BUMN Dahlan Iskan menghapus sistem kerja alih daya atau outsourcing di seluruh perusahaan BUMN.

Mereka menilai outsourcing menindas para buruh karena kerap terjadi pelanggaran seperti upah dibawah minimum, PHK sewenang-wenang, serta melakukan tidak pidana kepada serikat pekerja.

Meski berjalan damai, aksi buruh bumn ini mendapat pengawalan ketat anggota polisi. Akibatnya, arus lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Selatan dari arah Tugu Tani, macet total. (Adm/Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.