Sukses

KPK Cecar Guru Spiritual Jupe Soal Jumpa Tersangka Suap

Abdurrahman Assegaf mengaku hanya memberi nasihat kepada pegawai Ditjen Pajak Eko Darmayanto.

Saksi kasus dugaan suap pengurusan pajak PT The Master Steel Abdurrahman Assegaf diperiksa sekitar 5 jam oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Abdurrahman mengaku ditanya terkait pertemuannya dengan salah satu tersangka suap yang juga pegawai Ditjen Pajak Eko Darmayanto.

"Tadi saya diperiksa sebagai saksi kasus pajak yang ditangkap di bandara. Jadi kebetulan orang itu (Eko Darmayanto) ke saya meminta advice, biasa pada datang minta advice," kata Abdurrahman di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (28/5/2013).

Pria yang sebelumnya dikenal sebagai guru spiritual artis Julia Perez alias Jupe ini mengaku menyarankan Eko untuk mencari pengacara guna membantu mengatasi persoalan hukumnya.

"Dia datang kepada saya meminta advice. Bagaimana caranyalah. Saya bertanya pada teman saya yang mengerti hukum. Dikasih tahu bahwa harus menggunakan lawyer," tutur dia.

Abdurrahman yang saat ini aktif dalam organisasi masyarakat Pemuda Pencasila tersebut mengaku tidak tahu sama sekali dengan kasus pajak yang telah menjerat Eko. "Nggak tahu sama sekali. Urusannnya saja tidak tahu. Apa yang dilakukannya juga tidak tahu," imbuh Abdurrahman.

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan sejumlah tersangka. Mereka adalah Direktur PT The Master Steel Diah Soembedi, dan 2 pegawai Ditjen Pajak Eko Darmayanto dan M Dian Iwan.

Selain itu, KPK juga menetapkan Manager Keuangan The Master Steel Teddy Muliawan dan Effendi yang berperan sebagai pemberi suap, menjadi tersangka. Para tersangka itu semuanya ditahan.

Pegawai Ditjen Pajak itu ditangkap KPK di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta setelah kedapatan menerima uang 300 ribu dolar Singapura atau setara dengan Rp 2,34 miliar dari PT Master Steel yang diduga sebagai uang suap pengurusan tunggakan pajak perusahaan tersebut. (Eks/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini