Sukses

Puan: Kader Muda PDIP Menangkan Jateng, Bu Mega Ingin Regenerasi

PDIP tidak lagi menjagokan kader-kader tuanya dalam pertarungan politik, baik di daerah maupun di kancah nasional, berkaca dari Pilkada Jateng.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mulai mengubah strategi dalam menghadapi Pemilu 2014. PDIP kini tidak lagi melulu menjagokan kader-kader tuanya dalam pertarungan politik, baik di daerah maupun di kancah nasional.

"Kemenangan kader muda PDIP di Jateng akan menjadi pertimbangan dalam pencalonan di pilkada daerah-daerah lainnya," kata Ketua DPP PDIP Puan Maharani di Kompleks Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (27/5/2013).

"Bu Mega menginginkan kaderisasi dan regenerasi juga dilakukan di PDIP. Kalau kemudian melihat ada tokoh atau kader yang potensial yang kita majukan, kenapa tidak," imbuh Puan.

Putri dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri ini menjelaskan, PDIP menerapkan strategi tersebut karena adanya dinamika politik yang terus berubah terkait siapa yang akan diusung.

Salah satu contoh, kata Puan, PDIP baru saja memenangkan Pilkada Jawa Tengah dengan mengusung Ganjar Pranowo yang merupakan kader muda.

"Kita sudah menunjukkan eksistensi dan mesin politik bisa berjalan di wilayah tersebut, itu hasil kerja bersama," ujar Ketua Fraksi PDIP di DPR itu.

Karena itu, lanjut Puan, Mega tidak menutup kemungkinan akan mengusung tokoh atau kader dari kaum muda untuk maju sebagai calon presiden pada Pemilu 2014. Namun, dia tidak menjelaskan siapa calon muda terkuat dari PDIP. (Ado/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.