Sukses

Ombudsman: Pengaduan Terkait Lembaga Peradilan Meningkat

Sepanjang 2012, sebanyak 7,26 persen dari sekitar 6.200 laporan masyarakat yang masuk ke Ombudsman adalah terkait kinerja lembaga peradilan.

Sepanjang tahun 2012, sebanyak 7,26 persen dari sekitar 6.200 laporan masyarakat yang masuk ke Ombudsman adalah terkait kinerja lembaga peradilan. Bahkan, dari data yang ada, jumlah pengaduan terkait peradilan ini setiap tahunnya selalu meningkat.

"Setiap tahun pengaduan terkait peradilan itu selalu meningkat," kata Ketua Ombudsman, Danang Girindrawadana, di Gedung Komisi Yudisial (KY), Jakarta, Selasa (28/5/2013).

Menurut Danang, dari seluruh pengaduan tentang kinerja lembaga peradilan, hakim adalah salah satu komponen di dalamnya. Hakim juga menjadi yang paling banyak dilaporkan masyarakat dari keseluruhan laporan itu. "Hakim memang salah satu komponen di dalamnya. Dia menjadi bagian terbanyak dari 7.26 persen laporan itu," ujarnya.

Dari keseluruhan pengaduan masyarakat yang masuk ke Ombudsman, lanjut Danang, lembaga peradilan menempati posisi nomor 3 setelah pemerintah daerah dan kepolisian. "Yang keempat itu DPR," ucapnya.

"Ini harus menjadi perhatian serius mengapa masyarakat mengeluhkan itu. Bukan hanya masalah-masalah administrasi kepaniteraan tetapi juga masalah-masalah etik perilaku. Itu akan menjadi concern besar Ombudsman," ucap Danang. (Ado/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.