Sukses

[VIDEO] Pemilik Kios Stasiun Duri Mengais Barang Pascapenggusuran

Beberapa orang mengais sisa-sisa puing reruntuhan setelah pembongkaran ratusan kios di Stasiun Duri, Tambora, Jakarta Barat.

Pembongkaran kios di sekitar di kawasan Stasiun Duri, Tambora, Jakarta Barat, meninggalkan duka. Puluhan pemilik kios pasrah menerima nasib.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Selasa (28/5/2013), beberapa orang mengais barang di puing-puing reruntuhan. Ratusan bangunan yang sebelumnya berdiri kokoh kini rata dengan tanah. Aktivitas di Stasiun Duri kini juga sudah berjalan normal.

Pembongkaran ratusan bangunan ini diwarnai perlawanan dari sejumlah pedagang. Terjadi perang batu antara pedagang dan petugas PT Kereta Api Indonesia (KAI). Kejadian itu melebar hingga ke atas rel kereta api. Petugas kepolisian yang diperbantukan ke lokasi beberapa kali melepaskan tembakan gas air mata untuk membubarkan pedagang.

Akibat insiden ini perjalanan kereta api sempat terganggu. Belakangan pedagang berhasil dipukul mundur. Sebanyak 11 orang luka-luka akibat peristiwa tersebut.

Polisi menduga kuat perlawanan penggusuran pedagang di Stasiun Duri bukan dilakukan pedagang. Polisi yakin ada pihak-pihak luar yang turut memprovokasi dan melawan petugas untuk mengeksekusi kios-kios di stasiun.

"Yang ricuh kan itu orang dari luar. Kalau orang sini sudah menerima semua dan sudah mengangkut barang-barangnya," kata Wakapolres Jakarta Barat Ajun Komisaris Besar Polisi Widodo di lokasi penggusuran, Senin 27 Mei kemarin. (Ais/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.