Sukses

[VIDEO] Disoal DPRD, KJS Direspons Positif Warga Jakarta

Program KJS yang merupakan program unggulan Pemprov DKI Jakarta, mendapat respons positif warga Ibukota, terutama warga kurang mampu.

Program Kartu Jakarta Sehat (KJS) yang merupakan program unggulan Pemprov DKI Jakarta, mendapat respons positif warga Ibukota, terutama warga kurang mampu. Walaupun, program itu kini dipermasalahkan DPRD DKI Jakarta.

Tayangan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (27/5/2013), proses mengurus fasilitas ini pun tidak serumit program sebelumnya. Pemegang KJS harus melakukan pemeriksaan kesehatan ke puskesmas lebih dahulu. Bila ada rekomendasi pemeriksaan medis lebih lengkap, puskesmas baru akan merujuk ke rumah sakit.

Belum genap setahun, program ini menghadapi ujian. Soal besaran klaim premi dari askes berdasarkan Indonesia Cash Basic Groups (INA CBGs), dianggap tidak sebanding dengan biaya layanan kesehatan. Sehingga sebanyak 16 rumah sakit swasta dikabarkan mundur dari program KJS.

2 Rumah sakit menyatakan mundur dengan resmi. Sedangkan 14 rumah sakit lainnya baru secara lisan. Namun belakangan, 14 rumah sakit mencabut sikap dan kembali bergabung mendukung program KJS. (Frd/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.