Sukses

Hitung Cepat KPU Jateng: Ganjar Unggul Telak

Hasil penghitungan sementara yang dilakukan KPU Jateng mengunggulkan pasangan kandidat Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko dengan raihan 48,25 persen suara.

Hasil penghitungan sementara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah mengunggulkan pasangan kandidat nomor 3, Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko yang diusung PDI Perjuangan, dengan raihan 48,25 persen suara.

"Ini hanya penghitungan sementara yang sifatnya masif, untuk hasil finalnya kami akan hitung kembali setelah data dikirim oleh petugas TPS. Kami hitung ulang secara manual mulai besok hingga berakhir tanggal 4 Juni finalnya," kata Ketua KPU Jateng, Fajar Saka, di kantornya, Jalan Veteran, Semarang, Jateng, Minggu (26/5/2013).

Fajar mengatakan, hitung cepat ini secara resmi ditutup tepat pukul 17.45 WIB. Untuk pasangan nomor 1, kandidat Hadi Prabowo-Doni Murdono meraih 21,16 persen suara dan pasangan nomor 2, Bibit Waluyo-Sudijono Sastroadmodjo, meraih 30,59 persen suara.

Ia menambahkan, target penghitungan hanya 70 persen suara dan tidak boleh lebih, karena ini bukan hasil resmi dari KPU namun bekerja sama dengan vendor telekomunikasi. "Penutupan hasil sementara dari KPU telah usai, target kami 70 persen, meskipun angkanya mencapai 67,24 persen. Kami anggap telah sah," ucap dia.

Dijelaskan dia, penghitungan ini bersifat sementara dan posisi sekarang bukan hasil resmi Pilgub Jateng 2013. "Jadi ini hanya informasi kepada masyarakat berdasarkan SMS dari beberapa TPS atau 67,24 persen TPS se Jateng yang sudah mengirim dari 61,951 TPS atau Kurang lebih 40 ribu TPS yang mengirimkan data ke petugas di KPUD," pungkas dia.(Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini