Sukses

[VIDEO] Hanya Ibunda dan Putri Jokowi Datang ke TPS

Sampai tempat pemungutan suara (TPS) 22 di Kelurahan Manahan, Solo, ditutup pukul 13.00 WIB, Jokowi yang namanya tercantum dalam daftar pemilih tidak hadir untuk menggunakan hak pilih.

Sampai tempat pemungutan suara (TPS) 22 di Kelurahan Manahan, Solo, ditutup pukul 13.00 WIB, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang namanya tercantum dalam daftar pemilih tidak hadir untuk menggunakan hak pilih.

Hanya terlihat ibunda Jokowi, Sujiatmo Notomihardjo, dan putri mantan Walikota Solo itu, Kahiyang Ayu, yang mencoblos di TPS 22.

Sesaat usai menyoblos, Kahiyang Ayu langsung bergegas meninggalkan TPS. Sejumlah jurnalis yang sejak pagi menunggu kedatangan keluarga Jokowi harus kecewa.

Di TPS ini, jumlah DPT mencapai 417 pemilih. Namun, hanya 237 orang yang menggunakan hak dan 180 lainnya golput. Dari hasil penghitungan suara, pasangan Ganjar-Heru menang telak atas dua pasangan pesaingnya.

Ketua KPPS 22 Toto Suronto mengatakan, "Tidak ada keterangan soal ketidakhadiran Pak Jokowi,"

Sementara itu, ada yang sedikit berbeda di TPS 09 Kelurahan Panggung, Kabupaten Tegal. Warga yang akan menyampaikan hak pilih disambut senyum hangat seluruh petugas kelompok panitia pemungutan suara (KPPS) yang mengenakan pakaian adat Jawa.

Selain demi melestarikan adat dan budaya Jawa, langkah ini mampu menarik minat warga untuk turut menyukseskan pilkada Jawa Tengah dengan datang ke TPS. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.